Strategi Pembelajaran Make A Match Dalam Pengembangan Keterampilan Membaca Materi Pantun

Muhammad Majdi, Nur Faizatina

Abstract


Membaca pada hakikatnya merupakan kegiatan kompleks yang melibatkan banyak hal, tidak hanya hafalan atau berbicara dengan hati, tetapi juga kegiatan visual, penalaran, psikolinguistik dan metakognitif yang mana dalam fungsi visual adalah proses memahami huruf sebagai simbol tertulis yang harus diterjemahkan ke dalam kata-kata lisan . Dan dalam kegiatan berpikir ini, kata-kata yang diucapkan oleh lisan diproses menjadi akal sehingga dapat dipahami dan dicapai dalam otak. Dikolaborasikan dengan strategi make a match dengan bahan pantun. Metode penelitian deskriptif deskriptif dengan pendekatan induktif. Subjek penelitian adalah peserta didik dari kelas IV SDN Banua Hanyar 1 kabupaten Hulu Sungai Utara. Sedangkan objeknya adalah Strategi Pembelajaran Make a Match  dalam Pengembangan Keterampilan Membaca Materi Pantun. Hasil penelitian implementasi strategi make a match berjalan dengan baik sesuai langkah-langkahnya yang terdiri dari bagian kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Keterampilan membaca yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah peserta didik membaca pantun. Strategi ini mempunyai kelebihan dan kekurangan.


Keywords


Strategi Pembelajaran Make a Match , Keterampilan Membaca, Materi Pantun

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Arifin. “Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IVA SD Negeri 01 Metro Pusat.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 9, no. 2 (13 Juli 2017): 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024.

Djarijah, Djarijah. “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Tentang Kemampuan Membaca Menggunakan Metode Make A Match Siswa Kelas IV Mi Ma’arif Sangon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2021/2022.” PEDIR: Journal of Elementary Education 2, no. 1 (26 Mei 2022): 50–65.

Harianto, Erwin. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa | Didaktika: Jurnal Kependidikan,” 9 Februari 2020. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/2.

Hendrayani, Ade. “Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner.” Jurnal Penelitian Pendidikan 17, no. 3 (16 Januari 2018): 235–48. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9617.

Magdalena, Ina, Saskia Ramadanti, dan Epriliani Rahmita Siregar. “Strategi Keterampilan Membaca Dalam Tujuan Instruksional Khusus Kelas 3 Di Sekolah Dasar Negeri Buaran Jati 2 Kecamatan Sukadiri.” ARZUSIN 1, no. 1 (30 Desember 2021): 164–75.

Nengsih, Fuji. “Penerapan Strategi Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Sdn 005 Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya.” Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Vol. 2, no. 2 (2018).

Rinawati, Agustin, Lilik Binti Mirnawati, dan Fajar Setiawan. “Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 4, no. 2 (27 Agustus 2020): 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343.

Wafa, Agung Ali, Dadan Djuanda, dan Cucun Sunaengsih. “Penerapan Permainan ‘Pantun Cerdas’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV-A SDN Padasuka I Pada Materi Membuat Pantun.” Jurnal Pena Ilmiah 2, no. 1 (17 Desember 2017): 41–50. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9442.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.