Penerapan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian dilakukan dengan menerapkan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan media pembelajaran seperti gambar. Penelitian dengan menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif dengan melakukan kajian literature berbagai penelitian sebelumnya (literature review). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan minat belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan media gambar. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan presentasi statistik 81,3% yang pada sebelumnya dilakukan perlakuan hanya memperoleh 69,3%, hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan signifikan, membawa pengaruh yang positif terhadap pembelajaran IPA. Media Pembelajaran tersebut dapat membantu siswa dalam memahami konsep materi dibandingkan dengan menghafal materi, materi ajar ditampilkan dalam bentuk konkret yakni dengan melibatkan indra penglihatan manusia. Siswa juga menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Rahman Saleh dan Muhbib Abdul Wahab. (2004). Psikologi, Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Asyhar, Rayandra. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rusataman, N.,Mestika S.,Widiasih., Budiastra., Hayat S.,Mujadi.,Asep S. (2010). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rubiyanto, Rubino. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: FKIP UMS.
Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Samino. (2012). Kepemimpinan Pendidikan, Solo: Fairus Media.
Scanlan, Craig L. Instructional Media: Selection and Use. Online; http://www.umdnj.edu/idsweb/idst5330/instructional_media.htm
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukardjo (2008). Handout Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran IPA .Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Reiser, Robert A., dan Dempsey, John V. T. (2012). Rends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson.
Rapidbe. Dale's Cone of Experience. Online; http://rapidbi.com/created/Coneofexperience-dale/
Yusufhadi Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta, Kencana Prenada Media Group.
Suhartini, Dewi. (2001). Tesis: Minat Siswa Terhadap Topik-topik Mata Pelajaran Sejarah dan Beberapa Faktor yang Melatarbelakanginya (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Sekolah Menengah Umum Negeri di Kota Bogor). Jakarta: Magister Pendidikan Ilmu Sosial UPI.
Suyudi, Agus. (2003). Dasar-dasar IPA. Malang: F.MIPA UNM.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wina Sanjaya. (2007). Strategi Pembelajaran,Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Noer Rohma. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Suwatra, Wayan dkk. (2015). Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1734
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Firmansah firmansah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.