Pengembangan E-LKPD Berbasis Fun Learning pada Materi Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI

Lala Shofhatun Nida, Cucun Sunaengsih, Dety Amelia Karlina

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik berbasis fun learning pada materi nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode Research and Development R&D dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif hasil produk yang telah dikembangkan oleh peneliti divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI berjumlah 17 peserta didik. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa E-LKPD berbasis fun learning sangat layak digunakan dengan persentase 97,3% oleh ahli media, 94,6% oleh ahli materi


Keywords


E-LKPD, Peserta Didik, Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


ALDI, P. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbentuk Cerita Bergambar Pada Pembelajaran Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Di …. 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1805

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development of Video-Based Interactive Learning Multimedia to Increase Learning Interest of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.

Ardiani, F. N., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Pengembangan LKS Pintar Elektronik (Lekasparkin) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA. Teknodika, 15(2), 34. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34745

Asmahasanah, S., Syifa, L., & Irfani, F. (2021). Terbit Online Pada Laman W eb : http://online-journal.unja.ac.id/index.php/gentala email : penyunting.jurnal.g-pgsd@unja.ac.id Pengembangan LKPD Berwawasan Karakter Toleransi pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Terbit Online Pada . 6(2), 86–99.

Farid, A., & Sudarma, I. K. (2022). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray. 10(1), 126–134. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/download/42138/22657/133429

Hariyati, D. P., (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LIVEWORKSHEET UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V Dina Putri Hariyati. 1473–1483.

Karimah, I., Nurhasanah, N., & Soleh, D. A. (n.d.). (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran PPKN Kelas VI SD. 2(5). 59-70

Layyinah, L. (2017). Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pai. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6987

Prabandari*, L., Fuadi, D., Sumardi, S., Minsih, M., & Prastiwi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD IPA Berbasis Eksperimen Sains untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(4), 694–704. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26108

Pulungan, M., Usman, N., Suratmi, S., Suganda M, V. A., & Harini, B. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pada Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 7(1), 29–36. https://doi.org/10.36706/jisd.v7i1.11621

Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis PBL pada Muatan IPA Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 155–163. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.47031

Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 195–209. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34581

Sandra, D., Argueta, E., Wacher, N. H., Silva, M., Valdez, L., Cruz, M., Gómez-Díaz, R. A., Casas-saavedra, L. P., De Orientación, R., Salud México, S. de, Virtual, D., Social, I. M. del S., Mediavilla, J., Fernández, M., Nocito, A., Moreno, A., Barrera, F., Simarro, F., Jiménez, S., … Faizi, M. F. (2016). No Title. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28. file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.

Sariani, L. D., & Suarjana, I. M. (2022). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui E-LKPD Interaktif Muatan Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 164–173. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46561

Trinova, Z. (2003). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. 209–215.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.