Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Aliya Salsabilla Fitri, Ani Nur Aeni, Rana Gustian Nugraha

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada materi nilai-nilai Pancasila yang belum mencapai KKM serta media pembelajaran yang digunakan guru masih terbatas, yaitu bersumber dari buku saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media komik digital dalam meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Uji validitas produk dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas IV SD. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran pada materi nilai-nilai Pancasila; 2) kelayakan komik digital yang dinilai sangat valid oleh para ahli dengan rata-rata nilai validasi 96,2%; 3) respon siswa terhadap komik digital sangat valid dengan persentase sebesar 90,3% 4) hasil uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan dinyatakan terdapat perbedaan rerata hasil pretest dan posttest pada uji terbatas dan uji luas, sehingga dapat disimpulkan bahwa komik digital dapat meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV SD.

Keywords


Media Pembelajaran, Komik Digital, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.

Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., & Hadi, F. L. (2022). Aplikasi BETA ( Belajar dari Peta ): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. 9(1).

Aeni, A. N., Hanifah, N., & Muzzilawati, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Potret Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101–2110.

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.); 5th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Arafat, L. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Ppkn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. XXIV(1).

Dunita, W. M., Asril, Z., & Mulyadi. (2019). Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD Negeri 27 Koto Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 9, 1–108.

Kurniawan, S. K., Rachman, A., & Indahwati, N. (2021). Pengembangan Permainan Bola Besar (Bolavoli) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Putri. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 49–56.

Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206

Lubis, M. A., & Setiawan, D. (n.d.). Pengembangan Komik Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V. 238–244.

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.

Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370

Meidita, A. C., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flipbook sebagai Pendukung Pembelajaran Administrasi Pajak dengan Kompetensi Dasar PPh Pasal 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2217–2231. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/784

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Patricia, F. D. (2018). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Buku “Memahami Komik” Scott McCloud. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(2), 278–289. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.702

Puspita, W., Karimah, A. F., Khairunnisa, R. A. S. A. H., Firdaus, M. I., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2682

Putri, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Masyarakat 5.0. Journal on Education, 04(01), 20–24.

Saparyanto, Y., Faizia, K., & Suryana, Y. (2018). Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penerbit cempaka putih.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. 3(2), 171–185.

Sundari, K., & Rahmahwati, P. (2020). Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Sekolah Dasar. … (Jurnal Pendidikan …, VIII(2), 44–54. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/3180%0Ahttps://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/3180/2045

Surahmi, Y. D., Fitriani, E., Pradita, A. A., & Ummah, S. A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Terpadu Pada Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 135–146.

Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas Vi Sdn Iv Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1902

Ulfah, A. (2016). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Madaniyah, In Seminar, 1–7.

Yulianus Mendrofa. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn melalui Penerapan Media Chart. Educational Journal of Elementary School, 3(1), 17–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.