Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech, 1(1), 9–20.
Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., & Hadi, F. L. (2022). Aplikasi BETA ( Belajar dari Peta ): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. 9(1).
Aeni, A. N., Hanifah, N., & Muzzilawati, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Potret Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101–2110.
Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran (A. Holid (ed.); 5th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Arafat, L. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik untuk Meningkatkan Minat Baca Ppkn Siswa MIN Ramba Padang Kabupaten Tapanuli Selatan. XXIV(1).
Dunita, W. M., Asril, Z., & Mulyadi. (2019). Pengaruh Media Komik Terhadap Hasil Belajar PKn Peserta Didik Kelas III SD Negeri 27 Koto Baru Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 9, 1–108.
Kurniawan, S. K., Rachman, A., & Indahwati, N. (2021). Pengembangan Permainan Bola Besar (Bolavoli) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Putri. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 49–56.
Lisnawati, A., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penerapan Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa SD. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 652–656. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3206
Lubis, M. A., & Setiawan, D. (n.d.). Pengembangan Komik Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V. 238–244.
Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200.
Marzuki, I., & Hakim, L. (2019). Strategi Pembelajaran Karakter Kerja Keras. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 79–87. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1370
Meidita, A. C., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Flipbook sebagai Pendukung Pembelajaran Administrasi Pajak dengan Kompetensi Dasar PPh Pasal 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2217–2231. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/784
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Patricia, F. D. (2018). Analisis Semiotika Komunikasi Visual Buku “Memahami Komik” Scott McCloud. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(2), 278–289. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i2.702
Puspita, W., Karimah, A. F., Khairunnisa, R. A. S. A. H., Firdaus, M. I., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Komikids (Komik Islam Edukatif Digital Musik) sebagai Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3612–3623. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2682
Putri, M. L., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Masyarakat 5.0. Journal on Education, 04(01), 20–24.
Saparyanto, Y., Faizia, K., & Suryana, Y. (2018). Ensiklopedia Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penerbit cempaka putih.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. 3(2), 171–185.
Sundari, K., & Rahmahwati, P. (2020). Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) Sekolah Dasar. … (Jurnal Pendidikan …, VIII(2), 44–54. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/3180%0Ahttps://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/3180/2045
Surahmi, Y. D., Fitriani, E., Pradita, A. A., & Ummah, S. A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Terpadu Pada Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 135–146.
Tuken, R. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing Di Kelas Vi Sdn Iv Kota Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1902
Ulfah, A. (2016). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Madaniyah, In Seminar, 1–7.
Yulianus Mendrofa. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn melalui Penerapan Media Chart. Educational Journal of Elementary School, 3(1), 17–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aliya Salsabilla Fitri, Ani Nur Aeni, Rana Gustian Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.