PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN PENILAIAN AUTENTIK DI SDN HAPALAH I KECAMATAN BANUA LAWAS KABUPATEN TABALONG

Nida Mauizdati

Abstract


Penilaian atau evaluasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kurikulum 2013, yang saat ini diberlakukan dalam proses pendidikan di Indonesia, menggunakan penilaian autentik sebagai salah satu cakupan penilaiannya. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara menyeluruh untuk menilai mulai dari masukan (input), proses, serta keluaran (output) pembelajaran. Penilaian autentik ialah bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap, serta menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sebenarnya. Secara sepintas terlihat lebih rumit dari penilaian pada kurikulum sebelumnya karena cakupannya yang banyak. Kurikulum 2013 ini terbilang baru diterapkan dalam pendidikan di Indonesia. Maka penerapannya, khususnya penilaiannya juga kemungkinan akan sulit bagi sebagian pelaksananya, yaitu guru. Dalam hal ini, penulis tertarik untuk melihat lebih lanjut pelaksanaan penilaian autentik ini di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Hapalah 1 yang berlokasi di Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menyimpulkan diantara kesulitan yang dialami guru dalam penilaian autentik di SDN Hapalah 1 ini yaitu banyaknya teknik penilaian yang dilakukan, yaitu penilaian aspek kognitif, afektif, serta penilaian keterampilan; penilaian yang dilakukan bersamaan dengan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang efektif karena alokasi waktu yang kurang. Adapun upaya mengatasi problematika tersebut, yakni melakukan rapat koordinasi lebih sering untuk mendiskusikan dan lebih mendalami penilaian autentik ini, di samping juga berkoordinasi dengan orangtua/wali murid agar terjalin kerjasama dalam proses pendidikan.

Keywords


penilaian autentik; evaluasi; problematika guru

Full Text:

PDF

References


Amirono dan Daryanto. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group.

Asrul, Rusydi Ananda dan Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Astuti, Efi Tri. Problematika Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Ploso I Pacitan, Jurnal Al-Idaroh Vol.1 No.2 September 2017.

Husain, Rusmin dan Evi, Permasalahan Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1 (-), 472 – 482.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Malawi, Ibadullah dan Ani Kadarwati. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur: Ae Media Grafika

Moloeng, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa,. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Permendikbud No.23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud RI Nomor 104 Tahun 2014, tentang Penilaian oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013, tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Prastowo. 2017. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Sari, Yessy Nur Indah. 2018. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawan, David Firna. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian dalam Kurikulum 2013, Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: ANDI.

Wulan, Elis Ratna dan A Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!

Indeksasi:

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com