Pengaruh Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di SD Muhammadiyah 18 Medan

Nirwana Anas, Afni Maharani, Laila Afriyani HSB, Rizka Nabilla, Siti Ramadani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap berpikir kreatif siswa pada materi perubahan wujud benda kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment yaitu nonequivalent control group design.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, di mana penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (IV-B) dengan jumlah 15 siswa dan kelas kontrol (IV-A ) dengan jumlah 15 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essay. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan memberikan tes essay. Berdasarkan analisis uji data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap berpikir kreatifsiswa kelas IV SD Muhammadiyah 18 Medan.


Keywords


Berpikir Kreatif, Perubahan Wujud Benda, Model Contextual Teaching and Learning (CTL

Full Text:

PDF

References


Dewi, S., &Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 2(6), 235-239.https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/3401.

Gratika, S. (2018). Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas 5 SD. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/3325

Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13.(Vol,13. Issue 1). Universitas Negeri Yogyakarta.

Hartini, N. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 02 Gambir Manis Pracimantoro Wonogiri Tahun Ajaran 2009/2010. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/14426.

Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 909-915. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/181.

Rahayu, E., Susanto, H., &Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikirk Reatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol.7. Issue 2). Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Saputra, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sman 11 Kota Jambi (Doctoral dissertation, Pendidikan Ekonomi). doi: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/26772.

Saputra, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa dengan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Jurnal Biology Education, (Vol.9 (2)), Universitas Almuslim 134-140. Doi : https://doi.org/10.32672/jbe.v9i2.3636




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nirwana Anas, Afni Maharani, Laila Afriyani HSB, Rizka Nabilla, Siti Ramadani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

https://journal.napri.gov.ng/