METODE DAN STRATEGI PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS YANG DITERAPKAN DI SDTQ-T AN NAJAH PONDOK PESANTREN CINDAI ALUS MARTAPURA.

Miftahul Jannah

Abstract


Karakter Religius merupakan salah satu aspek kepribadian manusia yang tidak dapat berdiri sendiri, artinya terkait dengan aspek kepribadian dan harus dilatihkan pada anak-anak sedini mungkin agar tidak menghambat tugas-tugas perkembangan anak selanjutnya. kemampuan untuk religius tidak terbentuk dengan sendirinya. Kemampuan ini diperoleh dengan kemauan, dan dorongan dari orang lain termasuk dari seluruh guru, kepala sekolah, pengawas, bahkan komite sekolah harus memberi contoh dan menjadi suri tauladan dalam mempraktekkan indikator-indikator pendidikan karakter dalam perilaku sehari-hari. Sehingga dapat terciptanya pembentukan karakter peserta didik dan seluruh warga sekolah, sehingga pendidikan karakter tidak hanya dijadikan ajang pembelajaran, tetapi menjadi tanggung jawab semua warga sekolah untuk membina dan mengembangkan. Dalam penelitian ini akan melihat Bagaimana metode dan strategi pembentukan karakter religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.
Tujuan dari penelitian ini adalah: Mendeskripsikan dan menganalisis (1)Metode pembentukan karakter religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. (2)Strategi pembentukan karakter religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (study case). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis seara kualitatif dengan model analisis Miles dan Huberman. Hasil Penelitian menunjukan (1) Metode pembentukan karakter religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura. ialah: menekankan pada metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat dan kisah-kisah, metode Metode Tsawâb (Hadiah) dan 'Iqâb (Hukuman) (2) Strategi pembentukan karakter religius yang diterapkan di SDTQ-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura Menekankan pada kesadaran, keteladanan/Contoh, Kegiatan spontan, Teguran, Pengkondisian lingkungan, Kegiatan rutin, Disiplin yang terintegrasi
Kata Kunci: Metode, Strategi, Pembentukan Karakter Religius

Keywords


Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidayah

Full Text:

PDF

References


Amin, Ahmad. Etika ilmu akhlak. Jakarta: Bulan Bintang, 2010.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Basrowi dan Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Departemen Agama RI. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagan Agama Islam/ Direktorat Pendidikan Keagamaan Islam dan Pondok Pesantren, 2003.

Djakfar, Muhammad. Agama, Etika dan Ekonomi Malang: UIN Maliki Press, 2014.

Durkheim, Emile. Pendidikan Moral: Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga, 1990.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

Halim. Menghias Diri Dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2008.

Hendrawan, Saneryo. Spritual Managemen. Bandung: Mizan, 2009.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak, Diterjemahkan Oleh Med. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga, T. Th.

Indonesia, Republik. Undang-Undang SISDIKNAS. Bandung: Fokusmedia, 2010.

Jamal, Abdurrahman. Cara Nabi Menyiapkan Generasi. Surabaya: CV Fitrah Mandiri Sejahtera, 2006.

J. Moleong, Lexi. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Kesuma, Darma. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Khan,Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishin, 2010.

Majid, Abdul. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Maksudin. Sistem Pendidikan Asrama School Efektif Untuk Pendidikan Karakter Building. Yogyakarta: Prenada Press, 2010.

Masyhud M. Sulthon dan Moh. Khusnurdil. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta:Diva Pustaka, 2006.

Miskawaih, Ibnu. Menuju Kesempurnaan Akhlak, Diterjemahkan Oleh Helmi Hidayat Bandung: Mizan, 2011.

Muchlish, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidemensional. Jakarta: Bumi Aksara. 2011.

Mufarokah, Anissatul. Strategi dan Model-Model Pembinaan. STAIN Tulungagung: Press, 2008.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Mujamil, Qomar. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga, 2010.

Ngainun, Naim. Character Building. Jogjakarta: Arus Media, 2012.

Qomar, Mujamil. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta: Erlangga. 2012.

Rahardjo, Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (Jakarta: Balitbang Kemendiknas, Vol 16 Edisi Khusus Iii, Oktober 2010

Razak, Nasruddin. Dienul Islam. Bandung: PT Al-Ma’arif, 1971.

Samani, Muchlas Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Syarifuddin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Quran. Jakarta: Gema Insani, 2004.

Tu’u, Tulus. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia, 2004.

Wajdi, Farid. Quantum Tahfiz. Palembang: Ykm Press, 2010.

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter, Strategi Membangun Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Wirawan, Model Pendidikan Karakter melalui kegiatan Belajar Mengajar di SMA Islam Terpadu Martapura. Tesis. UIN Antasari Banjarmasin. 2013.

Yasin, A. Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Sukses Offset, 2008.

Yaqin, Husnul. Sistem Pendidikan Pesantren di Kalimantan Selatan, Banjarmasin: Antasari Press, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v4i1.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!

Indeksasi:

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com