Integrasi dan Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan

Darmawati Darmawati

Abstract


Dewasa ini telah terjadi perubahan yang begitu pesat dalam lingkungan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang bermuara pada hadir dan lahirnya Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Perubahan ini tidak dapat dipungkiri lagi memaksa dunia pendidikan untuk mencari suatu cara untuk berbenah dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pustaka (library research) di mana penelitian dilaksanakan dengan meninjau berbagai kajian kepustakaan yang terkait dengan tema Integrasi dan Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan. Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Mobile learning sebagai salah satu model pembelajaran yang paling popular di zaman sekarang telah merambah pada hampir semua satuan pendidikan di negara kita. Terlebih dengan semakin baik dan luasnya jangkauan sinyal internet ke berbagai pelosok daerah dapat semakin meningkatkan faktor keberhasilan proses pembelajaran.


Keywords


Integrasi, Manfaat TIK, Dunia Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Anas, Syaiful, Mastan, and Kusnandar. Perangkat TIK untuk Pembelajaran. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2022.

Darmawan, Arief. Ekosistem Digital Merdeka Belajar. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2022.

Indrajit, Richardus Eko. “Peranan Strategis TIK Dalam Dunia Pendidikan,” n.d., 29.

Kusnandar, and Robi Setia Pramana. Perangkat Pembelajaran Kolaboratif. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2022.

Li, Kam Cheong, Tak-Lam Wong, Simon K. S. Cheung, Jeanne Lam, and Kwan Keung Ng, eds. Technology in Education. Transforming Educational Practices with Technology. Vol. 494. Communications in Computer and Information Science. Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg, 2015. https://doi.org/10.1007/978-3-662-46158-7.

Madya, Suwarsih. “Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Mutu Hakiki Pendidikan,” n.d., 22.

“Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007,” Mei 2007, 31.

Rahman, Afif. “Penerapan Media Komputer Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas III SDN Sengon 01 Kecamatan Subah Kabupaten Batang.” Universitas Negeri Semarang, 2011, 187.

Tatnall, Arthur, Omponye Coach Kereteletswe, and Adrie Visscher, eds. Information Technology and Managing Quality Education. Vol. 348. IFIP Advances in Information and Communication Technology. Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg, 2011. https://doi.org/10.1007/978-3-642-19715-4.

Warsihna, Jaka, Zulmi Ramdani, and Andi Amri. Pendidikan untuk Generasi Z Refleksi dan Inspirasi Penerapan TIK untuk Pendidikan.pdf. Banten: Universitas Terbuka, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.