Efektifitas Penggunaan Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV

Ummi Atya Nurjanna, Fildza Malahati, Qathrunnada Qathrunnada, Kharisma Romadhon

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memaparkan efektifitas penggunaan alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 3 Bantul dan untuk mengetahui hasil belajar matematika sesudah menggunakan media pembelajaran Alat Permainan Sirkuit Pintar Ular Tangga pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Post-tes  Design.Uji prasyarat yang peneliti gunakan yaitu menggunakan uji normalitas dengan Shapiro-Wilk dan Uji homogenitas dengan Lavene, serta uji hipotesis menggunakan Mann Whitney. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di MIN 3 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 40 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Efektifitas Penggunaan Alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di MIN 3 Bantul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat efektifitas peggunaan alat permainan edukatif sirkuit pintar ular bangun datar terhadap hasil belajar matematika kelas IV di MIN 3 Bantul dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematematika setelah diberi perlakuan menggunakan alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun Datarlebih tinggi daripada hasil belajar sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan alat Permainan Edukatif Sirkuit Pintar Ular Tangga Bangun DatarPerbandingan rerata selisih pre-test dan post-test pada uji ini menunjukkan .Sig. yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,002.  (2) Hasil belajar matematika siswa kelas IV MIN 3 Bantul sesudah menggunakan media pembelajaran alat permainan sirkuit pintar ular tangga dari 19 orang siswa sudah mencapai KKM dengan ditunjukkan persentase sebanyak 100%


Keywords


Permainan Sirkuit Ular Tangga, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Chotimah, Siti, and Hamidah. “Pengaruh Pengaruh Pembelajaran Van Hiele Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP, Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi.” Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi vol 2, no. 2 (2015): hlm 203.

Firdaus, Nita. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan, 2019. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+artikel+ilmiah&btnG=.

Henruman. “Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar,” 15. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Kasmadi, and Nia Siti Sunariah. “Panduan Modern Penelitian Kuantitatif,” hlm 69. Bandung: Alfabeta, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif,Kualitatif,Kombinasi R&D Dan Pendidikan. Bandung, 2021.

Sukardi. “Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya,” hlm 81. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Suyadi. “Permainan Edukatif Yang Mencerdaskan,” hlm 21. Yogyakarta: Power Book, 2009.

Syafi’I. “Dengan Metode Bermain Ular Tangga Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Euclid vol 2, no. 3 (2014): hlm 491.

Tatang Syaripudin. “Landasan Pendidikan,” hlm 74. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2012.

Umi Narimawati. “Metodologi Penelitian Kulitatif Dan Kuantitatif, Teori Dan Aplikasi,” hlm 173. Bandung: Alfabeta, 2008.

Widayanti, Lusi. “Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Fisika Indonesia UGM 17, no. 49 (2013): 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410.

Yasin Yusuf dan Umi Auliya. “Sirkuit Pintar Melejitkan Kemampuan Matematika & Bahasa Inggris Dengan Metode Ular Tangga,” hlm 21. Jakarta Selatan: Transmedia Pusaka, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.