Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar

Diana Hanafiah, Badruli Martati, Lilik Binti Mirnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian karakter gotong royong pada saat pembelajaran pendidikan pancasila. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian guru kelas IV A, kepala sekolah dan siswa kelas IV A di SD Muhammadiyah 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik di dapatkan dari hasil observasi siswa dan dokumentasi, sedangkan triangulasi sumber di dapatkan dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru kelas, serta dokumentasi berupa gambar. Hasil penelitian ini menyatakan, implementasi karakter gotong royong sudah ada beberapa indikator telah terpenuhi di dalam kelas IV A yaitu tolong-menolong, solidaritas dan menghargai, akan tetapi masih terdapat indikator lain yang belum  di terapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter gotong royong pada mata pelajaran pendidikan Karakter ini dapat dijadikan sebagai modal siswa di lingkungan sekitarnya, karena gotong royong sendiri merupakan kegiatan sosial yang sering dilakukan di tengah kehidupan masyarakat.

Kata Kunci : Nilai Karakter, Pendidikan Pancasila, Gotong Royong


Keywords


nilai karakter, pendidikan pancasila, gotong royong

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rio Pradipta, Sanapiah Sanapiah, dan Sri Yulianti. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut Tahun Pelajaran 2018/2019.” Media Pendidikan Matematika 6, no. 2 (2018): 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838.

Desti Mulyani, Syamsul Ghufron, dan Suharmono Kasiyun Akhwani. “Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar.” Quarterly Journal of Health Psychology 8, no. 32 (2020): 73–92.

Fauziah, Hamidah Ulfa, Edi Suhartono, dan Petir Pudjantoro. “Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Religius” 1, no. 4 (2021): 437–45. https://doi.org/10.17977/um063v1i4p437-445.

Hendraman, Djoko Saryono, dan Supriyono. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama, 2018.

Insani, Galuh Nur, DinieAnggraeni Dewi, dan Yayang Furi Furnamasari. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5No (2021): 8154.

Martati, Badruli. “Internalisasi Nilai Pendidikan Kewarganegaran pada Pendidikan Dasar.” Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” II, no. 2 (2015): 98–107.

Mirnawati, Lilik Binti, dan Fitroh Setyo Putro Pribowo. “Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya.” ELSE (Elementary School Education Journal) 1 (2017): 144–52.

Muniroh, Nadlirotul. “Implementansi Nilai Nasionalisme dan Gotong Royong dalam Mata Pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam 10, no. 1 (2019): 154–68.

Nazir, Moh. Metode Penelitian, 2005.

Nurgiansah, T Heru. “Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 9, no. 1 (2021): 33–41.

Pentianasari, Sherli, Fadhilah Dwi Amalia, Nisa’ Aqidatul Fithri, dan Badruli Martati. “Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital” 8, no. 1 (2022): 1–5.

Rika Fitria Sari, M. Yusuf Setya Wardana, dan Ari Widyaningrum. “Analisis Implementasi Pendidikan Karakter di SDN Kepitran 06 Pekalongan” 2, no. 2 (2021): 218–26.

Subagia, I Wayan. “Implementasi Pendekatan Ilmiah dalam Kurikulum 2013 untuk Mewujudnyatakan Tujuan Pendidikan Nasional.” Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 2013, 16–29.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. 26 ed. Bandung: ALFABETA, 2017.

Sulianti, Ani, Yusuf Efendi, dan Halimatus Sa’diyah. “Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan.” Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan 5, no. 1 (2020): 54–65. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n1.2020.pp54-65.

Susilowati, Evi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1, no. 1 (2022): 115–32. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85.

Utomo, Eko Prasetyo. “Internalisasi Nilai Karakter Nasionalis dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Jati Diri Ke-Indonesia-an.” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 14, no. 2 (2018): 95–102. https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.18626.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.