Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar

Fadllurrohman Fadllurrohman, Jaenudin Jaenudin, Arizqi Ihsan Pratama

Abstract


Kemajuan teknologi informasi membuat arus informasi menjadi sangat deras, hal tersebut turut menggiring perubahan zaman dengan cepat. Arus informasi yang membawa beragam informasi baik dan buruk dengan mudah sampai kepada anak-anak, tidak terkecuali anak-anak usia sekolah dasar. Untuk itu upaya-upaya pencegahan harus dilakukan dalam rangka mengkounter arus informasi yang berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi anak-anak usia sekolah dasar. Diantara langkah-langkah yang dapat dilakukan ialah dengan mengoptimalakan potensi sinergi pendidikan antara sekolah, rumah dan masyarakat dalam rangka penguatan pendidikan karakter religius. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualiatif yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan temuan penelitian yang bersumber dari analisis dokumen. Hasil penelitian mengemukakan bahwa pendidikan karakter religius sangat penting diberikan  sejak dini di tingkat sekolah dasar. Untuk mengoptimalkan program karakter religius siswa dapat dilakukan program kerjasama yang melibatkan sekolah, rumah dan masyarakat. Diantara Metode pendidkan karakter yang digunakan ialah melalui pembiasaan, peneladanan, dan pengkondisian lingkungam sekolah, rumah dan masyarakat. Inti dari program kerja sama ini ialah menghindari konflik nilai atau dilema moral yang mungkin terjadi sebagai akibat dari tidak terkoneksinya program sekolah dengan rumah dan masyarakat. Diantara aktifitas yang mengarah kepada penguatan karakter religius yang dapat dibiasakan, diteladankan dan dikondisikan di sekolah, rumah dan masyarakat ialah pembelajaran akhlak mulia,   pembelajaran ibadah wajib dan pembelajaran ibadah sunnah.

Keywords


Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Tri Pusat Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Firdaus, Rizal, Kama Abdul Hakam, Momod Abdul Somad, dan Ahmad Syamsu Rizal. “The Concept of Triple Helix Mohammad Natsir and its Implementation in Strengthening Religious Character Education.” EDUTEC : Journal of Education And Technology 4, no. 1 (2020): 55–65. https://doi.org/10.29062/edu.v4i1.84.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.” https://www.kemdikbud.go.id/, 2017. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.

Kuswandi, D; “Bangunan keilmuan pendidikan Taman Siswa.” Edutech Jurnal Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (2007).

Mastuhu. Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Nurrahman, Arip;, dan Ardy; Irawan. “Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 12, no. 2 (2019). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/ atdbwv12i2.1575.

Prabencana, Doddy. “Model Pendidikan Akhlak Melalui Kemitraan Sekolah dan Rumah : Studi Pengembangan Untuk Meningkatkan Akhlak Mulia Siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Azhar Kota Jambi.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2016. http://repository.upi.edu/22939/.

Sauri, Sofyan; Membangun Komunikasi dalam Keluarga. Bandung: Genesindo, 2006.

Sofyan Sauri. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. IV. Bandung: Rizqi Press, 2016.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Riset dan Pengembangan. 25 ed. Bandung: Alfabeta, 2017.

Tatang Syaripudin. “Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Relevansinya Sebagai Teori Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Praktek Pendidikan Umum Dalam Konteks Pendidikan Nasional.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2015.

Yusuf, A Muri. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. 4 ed. Jakarta: Kencana, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.