Pengaruh Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, Intelectual (SAVI) Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gugus 21 Wilayah IV Lilirilau Kabupaten Soppeng

Rohani Rohani, Sulfasyah Sulfasyah, Munirah Munirah

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) deskripsi hasil pembelajaran kelas kontrol tanpa penggunaan model pembelajaran SAVI berbantuan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menulis cerita fiksi siswa kelas IV; 2) deskripsi pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan media audiovisual terhadap kemampuan menulis cerita fiksi pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pretest dan posttest control group design atau disebut dengan true experimenteal design (eksperimen murni). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 46 orang, yang terdiri dari 23 orang kelas kontrol dan 23 orang kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengukur keterampilan menulis, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis inferensial, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian yang didapatkan pada pembelajaran tanpa menggunakan model SAVI adalah tidak mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest 61 dan setelah diberikan postest hanya mendapatkan nilai rata-rata 65. Pada kelas yang menggunakan model pembeljaran SAVI mengalami peningkatan dengan nilai pretest 60 meningkat menjadi 86. Uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired sampel test menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum dan setelah diberikan perlakukan. Maka dapat diperoleh nilai Sig.(2 tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Jadi, penggunaan model pembelajaran SAVI berpengaruhterhadapkemampuan menulis cerita fiksi cerita fiksi pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus 21 Wilayah IV Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

 


Keywords


Model Pembelajaran SAVI, Media Audio Visual, Keterampilan Menulis

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bobbi de Porter, dkk. 2005. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit Unm.

Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hanif, Laila Sajida,dkk. 2018. “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Eksperimentasi Model CIRC Bermedia Video Pembacaan Puisi pada Siswa Kelas V SD Tritis Jepara”. Jurnal Kredo 2(1) hal. 65-80.

Hendrawan dan Dian Indihadi. 2019. “Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi”. Jurnal Pedadidaktika, 6(1), Hal. 47-57.

Indriamukti, E.F. 2018. “Upaya Meninngkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Anak Melalui Pembelajaran Kontekstual Siswa SDN Kotagede 5 Yogyakarta”. Jurnal PGSD. 29 (7), hal. 1-15.

Kodaro. 2017 “peningkatan keterampilan menulis permulan dengan menggunakan media kartu huruf pada siswa kelas I SDN Gamer 02 Kota Pakalongan”. jurnal cakrawala pendas. 3 (2). hal 72-81

Kosasih. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra.. Bandung: Yrama Widya.

Kusumaati, Fetri. 2016. “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi dengan Menggunakan Teknik Pemodelan pada Siswa Kelas III SDN Mendungan 1 Kota Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan ke-SDan, 3(1) hal. 32-37.

Kusumawati, Sri Wahyuni dan Ganesh Gunansyah. 2013. “Penerapan Model Pemebalajaran SAVI untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar”. Jurnal PGSD 2(2).

Mahsun. 2014. Teks dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: raja Grafindo.

Meier. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Terjemahan oleh Ramayani Astuti. Bandung: Kaifa.

Mulyati, Yeti. Dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Tangerang Selatan: Universitas

Nilantira dan Asri Susetyo R. 2019. “Pengembangan Media Komik Cerita Rakyat untuk Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV SD”. Jurnal PGSD, 7(7), hal. 3828-3838.

Nurmina. 2016. “Menulis Fiksi dengan Model Pembelajaran Efektif untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi”. Jurnal Pendidikan Almuslimin 4(1) hal. 2338-7394.

Prastowo, Andi 2012. Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva press

Rahayu, dkk. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa”. Jurnal PGSD, 4(2), Hal. 102-111.

Rahayu, Ratri. 2016.”Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD melalui Penilaian Produk pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusgijang, 2(1), hal. 97-105.

Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rahim., Farida. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmawati, dkk. 2019. “Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Pembelajaran SAVI berbantuan Media CD Interaktif”. Jurnal PGSD, 11(2), Hal. 56-62.

Sholihah, Irawan, dan Heryanto. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD”. Jurnal PGSD, 11(2), Hal. 52-62.

Soetopo, Hendyat. 2012. Perilaku Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sokhifah, Wiwit Lili, Subiyantoro, dan Hari Bakti Mardikantoro. 2015.”Keefektifan Model Pembelajaran SNT dan Mind Mapping pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berdasarkan Minat Peserta Didik Kelas X SMK. SELOKA, 4(2), HAL. 72-77.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhada, Hidayati. 2017. “Model Pembelajaran Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA”.

Sukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susilowati. 2016. “Meningkatkan Kemampuan dan Keterampilan Siswa Membaca Puisi Melalui Metode Demonstrasi”. Jurnal Pedagogi, 14(3), hal. 406-423.

Syamsuddin dan Damayanti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H.G. 2013. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Yogyantoro, angger 2017 “Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media diorama siswa kelas IV. jurnal PGSD 38 (5). hal 3571-3579

Zahra, A.S. 2015. “Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Cerpen dengan Strategi Think Talk Write pada Sisa Kelas X A SMPN 2 Jatikalen Nganjuk. Skripsi. Yogyakarta: FBS UNY.

https://www.dosen pendidikan.co.id/efektivitas-adalah/ (2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.