Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa SD

Maulidiya Maulidiya, Badruli Martati, Deni Adi Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran kolaboratif tipe buzz group dalam hal peningkatan keaktifan siswa SD salah satunya pada mata pelajaran PPKn yang cenderung kurang disukai oleh siswa SD, kajian pada artikel ini berfokuskan pada keaktifan  siswa SD terhadap pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe buzz group. Penelitian menggunakan metode diskriptif kualitatif. subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Surabaya. sumber data terdiri dari hasil wawancara dengan guru menggunakan lembar wawancara guru, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang tertarik dan bosan dengan proses pembelajaran karena meode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keaktifan siswa sd terhadap pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe buzz group. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa sangat berperan penting dalam proses pembelajaran dan hasil belajar.


Keywords


Model Pembelajaran, kolaboratif tipe Buzz Group, Keaktifan Siswa

Full Text:

PDF

References


-

Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Nizamia Learning Center

Arnold, O. :, & Roykho, F. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Diskusi Tipe Buzz. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 6).

Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.

Faradita, M. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Meirza Nanda Faradita ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. 1.

Harahap, R., & Sulistiani. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Buzz Group Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI dI MAN 1 Takengon. In Jurnal As-Salam (Vol. 1, Issue 3).

Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD dan Solusinya. L PPKn & Hukum, 14.

Martati, B. (2015). Internalisasi Nilai Pendidikan Kewarganegaran Pada Pendidikan Dasar. Jurnal Ilmiah, II.

Mirnawati, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 84–97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.598

Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194

Nuswantoro, D., & Wicaksono, V. D. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Powtoon “Hakan pada Mata Pelajaran PPKn Materi Hak dan Kewajiban Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV Surabaya.

Pratiwi, D. (2016). PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING DI SEKOLAH DASAR.

Rachmawati, T. (n.d.). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif.

Santoso. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 PURWANTORO WONOGIRI, JAWA TENGAH. In Berkala Fisika Indonesia (Vol. 5).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Wijaya, R. S. (2015). Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.