Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Model TGT, STAD dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Irfan Irfan, Syarifuddin Syarifuddin, Miftahul Jannah, Kharisma Romadhon

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efek dari tiga model pembelajaran kooperatif yang berbeda Teams Games Tournaments (TGT), Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan Jigsaw untuk mengidentifikasi model mana yang paling efektif. Dalam melakukan penelitian ini, teknik kuantitatif digunakan. Selama semester genap tahun pelajaran 2021–2022, seluruh siswa kelas IV SD Negeri 111 Palembang berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data berbasis pengujian dan dokumentasi digunakan bersama dengan simple random sampling sebagai metodologi pengambilan sampel. Uji pendahuluan yang dilakukan adalah uji homogenitas dan uji normalitas. Bersamaan dengan aplikasi JASP, ANOVA satu arah digunakan dalam prosedur analisis data. Dengan skor pretest 59 dan skor posttest 72 untuk Jigsaw, 74 untuk Student Teams Achievement Divisions (STAD), dan 86 untuk Teams Games Tournaments (TGT), hasilnya menunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara kedua fase penerapan pembelajaran kooperatif. model. Oleh karena itu model TGT adalah salah satu dari dua model yang lebih baik dalam penelitian ini.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif, Prestasi Belajar, Pelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara., 2021.

Aka, Kukuh Andri. “Komparasi Penerapan Model STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa (Studi pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran PKN di SDN Bendo 1, Kec. Pare, Kab Kediri.” Profesi Pendidikan 2, no. 2 (2015).

Asnawi, Asnawi, Muhammad Ikhsan, dan Hajidin Hajidin. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dan Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP.” Jurnal Numeracy 7, no. 1 (t.t.).

Cahya Arum, Septia Eka, Sri Hariyani, dan Nyamik Rahayu. “Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Mathematics Education Journal 1, no. 3 (t.t.).

Derziberto, Derziberto, Pradipta Annuwarda, dan Rizki Nurhana Friantini. “Efektivitas Metode Student Teams Achievement Division Terhadap Prestasi Belajar Matematika di Tinjau dari Motivasi Belajar.” Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education 2, no. 2 (t.t.).

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. “Implementasi model STAD dalam meningkatkan hasil belajar siwa.” BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 16-23, 1, no. 1 (2016).

Fauzi, Ikhwan. “Pembelajaran persepektif Psikologi Sufistik Imam Al-Ghazali dan Psikologi Humanistik Abraham Maslow dalam Pembentukan Kepribadian.” Journal of Teaching and Learning Research 1, no. 2 (2019).

Fiyani, Fitria Nur, dan Mawardi Mawardi. “Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD.” JTAM: Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika 2, no. 1 (April 2018).

Hadi, S. H. S. “Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Teknodik, 2011, 227-240.

Harfiani, R., & Fanreza, R. “Implementasi Model Pembelajaran Lesson Study Praktikum Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Dan Sumber Belajar Di Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Umsu.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 11, no. 1 (2019): 135–54.

Jannah, F. “Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional.” Dinamika Ilmu., 2013.

Khairuddin, Andi. “Perbandingan Model Jigsaw dengan TGT dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SD Kabupaten Gowa.” Metodik Didaktik 15, no. 2 (t.t.).

Miranti, Luthfiana, Riyadi Riyadi, dan Imam Sujadi. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II dan Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa SMK Kelas X di Kabupaten Klaten.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 3, no. 5 (2015).

Muningsih, E., & Kiswati, S. “Sistem aplikasi berbasis optimasi metode elbow untuk penentuan clustering pelanggan.” Joutica: Journal of Informatic Unisla, no. 3 (2018): 1.

Nurul Aisyah , Purwo Susongko, dan Mukhammad Aji Fatkhurrohman. “Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan 13, no. 2 (2019).

Rahman, R., & Maarif, S. “Pengaruh penggunaan metode discovery terhadap kemampuan analogi matematis siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat.” Infinity Journal, 3, no. 1 (2014): 33-58.

Rohmatul, Rohmatul, Erny Untari, dan Indra Puji Astuti. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Rading and Composition (CIRC), Student Teams Achievement Division (STAD) dan Jigsaw secara Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMK PGRI 1 Ngawi.” Journal Focus Action of Research Mathematic, Desember 2021.

Samrin. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DI INDONESIA” 8, no. 1 (2015).

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar IPA.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 1 (2017): 1–8.

Sudimahayasa, Nyoman. “Penerapan Model Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, da Sikap Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, no. 1–3 (t.t.).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.1883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.