Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis HOTS Pada Jenjang Pendidikan Dasar Di Era Society 5.0

Yusmilda Yusmilda, Irwan Setia Budi, Husnuz Zuhad, Abdul Basith, Indah Aminatuz Zuhriyah

Abstract


Pendidikan sebagai suatu hal utama dalam membangun peradaban manusia. Hal ini  erat kaitannya dengan perkembangan teknologi informasi. Era smart society 5.0 menjadi fakta bahwa kedua hal tersebut telah melebur menjadi suatu sistem yang mengikat. Cara berpikir, sikap, dan keterampilan menjadi fokus utama pendidikan untuk menciptakan peserta didik yang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Penilaian sebagai salah satu tahap untuk mengetahui capaian peserta didik baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik selalu terjadi selama evaluasi pendidikan masih dilakukan. Penilaian berbasis HOTS dalam kajian ini terbukti menghasilkan capaian yang diperlukan peserta dalam menghadapi tantangan zaman. Dalam mecapai HOTS sangat penting bagi pendidik pula dalam memahami konsep pengembangan penilaian instrumen tes, salah satunya yaitu penilaian berbasis HOTS


Keywords


Smart Society 5.0, Pengembangan Penilaian, Instrumen Tes Kognitif, Penilaian HOTS

Full Text:

PDF

References


Pargito, P. (2021). Development of assessment instruments based on higher order thinking skills in thematic learning. the internasional journal social sciences world, 3(1), 165-175.

Serevina, V., Sari, Y. P., & Maynastiti, D. (2019, April). Developing high order thinking skills (HOTS) assessment instrument for fluid static at senior high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1185, No. 1, p. 012034). IOP Publishing.

Binkley, M. 2012. Defining Twenty-First Century Skills. London: Springer.

Rotherham, A. J., & Willingham, D. 2009. 21st century. Educational leadership, 67(1).

MertasaSri, G Sudirta. Jurnal_ep Vol.11 No.1, Maret 2021Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia | 10 Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Sma Kelas X Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja,).

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53.

Saputra, Hatta. 2016. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.

Buku Kenilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019).

Mertha Dewa Kusuma, dkk .2021 “Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Sma Kelas X” (Jurnal_ep Vol.11 No.1.

Soeharto, dan Rosmaiyadi, 2018, “Analisis Kemampuan Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa Pada Gelombang dan Optik Menggunakan IRT dengan Software Winstep” (Journal Educational and Technology Jilid 4, 2018) diakses 10 November 2022.

Anshari, Hidayat. 2017, Pengaruh Pendekatan Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik dan Mandiri Siswa SMP Taman Harapan Medan”. Digital Repository, Universitas Negeri Medan,2017, diakses 10 November 2022.

Mubarok, H. (2019). High Order Thinking Skill dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Industry 4.0. Jurnal Elementary.

Widana, I. W, 2017, Higher order thinking skill assessment (HOTS). (Journal OfIndonesia Student Assessment and Evaluation JISAE.

Fanani & Zainal, M. 2018, Strategi pengembangan soal higher order thinking skill (HOTS) dalam kurikulum 2013. Journal of Islamic religious education.

Widana, I. W, 2020, Kiat jitu menulis soal HOTS bagi guru matematika SMA/SMK, Mahameru Press.

Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (Hight Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176).

Bahruddin & Esa Nur Wahyuni, Teori belajar dan pembelajaran, (Yogyakarta, Ar-Ruzz Medin, 2015) 127.

Antara, I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) Pada Tema Ekosistem Siswa Kelas V SD Gugus VI Kecamatan Penebel (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Hanik, A., & Ngazizah, N. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 74-84.

Suarti, N. W. (2022). Pengembangan instrumen penilaian tematik berbasis HOTS untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Indonesian Journal of Educational Development, 2(4), 534-548.

Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Elementary: Islamic Teacher Journal, 8(2), 377-396.

Wandini, R. R., Siregar, T. R. A., & Iskandar, W. (2021). Analisis Materi Pokok Bahasa Indonesia Kelas V MI/SD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 156-166.

Batubara, U. N., & Sudrajat, A. (2019). Teknik penyusunan instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) dalam pembelajaran sejarah. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(2), 335-344.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.