Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep

Miftahul Khairani, Sukmawati Sukmawati, Nasrun Nasrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. 3) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas V SDN 1 Lejang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini dilaksanakan terhadap 40 siswa, Penelitian ini berdasarkan pendekatannya merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design, dengan bentuk desain Non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas V di UPT SDN 1 Lejang. 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SDN 1 Lejang. 3) Terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan penalaran dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V di SDN 1 Lejang yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF

References


Adhar Effendi, Leo, Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan terbimbing untuk meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP, Bandung: Jurnal Peneltian Pendidikan, Vol. 13 No. 2 Oktober, 2012.

Anggie Munthia Safitri, Euis Eti Rohaeti, M. Afrilianto. ,“Analisis Kemampuan PenalaranMatematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat”, Jurnal Pembelajaran Matematika
Inovatif (JPMI), Vol. 1, No. 4, ISSN 2614-2155, 2018, h. 759-764

Dyah Retno Kusumawardaani, dkk. , “Pentingnya Penalaran Matematika dalamMeningkatkan Kemampuan Literasi Matematika”. PRISMA (Prosiding Seminar NasionalMatematika), 2018, h. 593

Fadjar Shadiq, “Pemecahan masalah, Penalaran dan komunikasi”. Diklat PengembanganMatematika SMA Jenjang Dasar. PPPG Matematika, h. 100.

George Polya, How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton:Princeton University Press. 2004

Hamzah, Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SLTP di Bandung melalui Pendekatan Pengajuan Masalah. DisertasiDoktor PPS UPI Bandung. 2003

John A Van De Walle, Matematika Pengembangan Pengajaran Sekolah Dasar dan Menengah terjemahan Suryono. Jakarta: Erlangga. 2008

Mita Konita, dkk. , “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model PembelajaranConnecting,Organizing, Reflecting, Extending (CORE)”. PRISMA (Prosiding Seminar NasionalMatematika). ISSN 2613-9189, 2019, h. 611-612

NAEP “Mathematics Abilities” Online http://nces. ed. gov/nationsreportcard/ mathematics/ abilities. asp(diakses pada 30 Januari 2023, 22 wita).

NCTM. Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teacher Mathematics inc. 2000.

Nurul Fajri dan Iwan, “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 MojokertoDalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Berdasarkan KriteriaPolya”, Jurnal Numeracy, Vol. 5, No. 2, 2018, h. 11

Ratna Apriyani, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam MenyelesaikanSoal Cerita Matematika di MTs Negeri 5 Merangin”. Skripsi, (Jambi: Universitas Jambi, 2019) h. 8
5

Rizka Azizatul Latifah, Ali Mahmudi. ,“Pengaruh Pembelajaran Matematika denganPendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP padaMateri Teorema Pythagoras”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2, 2018, h. 2

Rizka Azizatul Latifah, Ali Mahmudi. “Pengaruh Pembelajaran. . . ,h. 2

R. Rosnawati, “Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP Indonesia Pada TIMSS2011”, ISBN, Proseding Seminar Nasional Penelitian, 2013, h. 4.

Ruseffendi, E. T. Penilaian pendidikan dan hasil belajar siswa khususnya dalam pengajaran matematika. Diktat Perkuliahan. IKIP Bandung. 1991

Sumarmo, U. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung. 2000

Suherman, dkk. Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA. 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i1.1893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.