Pengembangan Aplikasi KADAM Sebagai Media Pembelajaran PAI SD Untuk Mengenalkan Dakwah Islam

Nindia Nur Amalia, Muhamad Lukman Firdaus, Ani Nur Aeni, Sisca Yus Astuti

Abstract


Pada zaman teknologi yang super canggih pada saat ini, iptek sudah mulai menyebar keseluruh dunia dan bidang kehidupan manusia teruatama dibidang pendidikan, perlu adanya inovasi yang dapat menunjang pendidikan menjadi lebih efektif di era teknologi saat ini. Aplikasi KADAM (Kajian Dakwah Islami) sebagai alat yang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah  dalam mengakses pembelajaran dimanapun dan kapanpun. Hal ini merupakan adaptasi dari adanya dampak kemajuan IPTEK yang semakin cepat di segala sektor bidang pendidikan. Pendidikan di jenjang Sekolah Dasar yang merupakan ujung tombak bangsa, sebab guru sekolah dasar harus mempersiapkan generasi muda bangsa yang unggul. Generasi bangsa yang unggul tak hanya dilihat dari kecerdasan intelektualnya saja, melainkan juga kecerdasan moral, ahlak dan emosional. Moral dapat dibentuk sedini mungkin yakni mulai dari jenjang sekolah dasar, sebagai upaya mewujudkan maka itu hadirlah mata pelajaran PAI (pendidkan agama islam) sebagai mata pelajaran wajib yang harus ada. Pembelajaran PAI identik dengan penyampaian nilai-nilai moral tentang akhlak dan akidah dalam Islam, penyampaian ini biasa disebut dengan metode dakwah, namun seringkali terjadi ketika dakwah ini tidak disampaikan dengan cara yang menarik maka akan terkesan  membosankan terlebih bagi anak usia sekolah dasar di kelas rendah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sindang 1, Kabupaten Sumedang Jawa Barat dengan partisipan pembelajaran berjumlah 23  orang siswa kelas IV, serta 1 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai validator media pembelajaran berbasis aplikasi KADAM, Hsil penelitian menunjukan nilai rata rata siswa dengan presentase 95% dan presentase nilai guru PAI 96%. Pada dasarnya dunia anak-anak masih tentang bermain, maka dari itu dalam kegiatan belajar mengajar perlu juga di adaptasi dengan metode atau media-media pembelajaran yang dapat membuat minat anak tumbuh dan bersemangat. Dari penjelasan itulah, tujuan dilakukannya penelitian ini agar mengetahui apakah aplikasi KADAM yang telah kami buat ini dapat bermanfaat dalam memahami Iman Kepada Rasul Allah Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode D&D (Design and Development) dengan pendekatan kualitatif melalui teknis menelaah data penelitian dari hasil angket dan kajian literatur sebelumnya yang akan diuraikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini ialah kami membuat sebuah produk yaitu Aplikasi KADAM (Kajian Dakwah Islami) ini bermanfaat dalam memahami Iman Kepada Rasul Allah (Rahmaniyah et al. 2022).


Keywords


Kata Kunci: Dakwah, Aplikasi, Sekolah Dasar, Islami

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. 2014. “Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam.” Mimbar Sekolah Dasar 1(1): 50–58.

Aeni, Ani Nur, Tiara Erlina, et al. 2022. “Aplikasi BETA (Belajar Dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 9(1): 101–13.

Aeni, Ani Nur, Juni Artha Juneli, et al. 2022. “Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(4): 1214.

Aeni, Ani Nur, Annisa Auliani Nursyafitri, Anggunnissa Zulfiany Fachrina, and Tasya Aprillianti Putri. 2022. “Pengembangan Website Carrd Sebagai Sarana Dakwah.” Jurnal At-Tsiqah 7(1): 1–17.

Maulani, Siska et al. 2022. “Analisis Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia 2(1): 539–46.

Prasetya, T A, R D Yanti, Z Nurrahman, and Ani Nur Aeni. 2022. “Pemanfaatan Video Animasi WOL (Way of Life) Sebagai Media Pembelajaran SKI Siswa Di Kelas 4 SD/MI.” Jurnal Pendidikan 6: 16353–59. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5073%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5073/4291.

Putra, Dika Esa, Hesti Agustini, Difa Siti Ridhania, and Ani Nur Aeni. 2022. “Penggunaan E-Book BDSM (Buku Dakwah Siswa Milenial) Sebagai Media Dakwah Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sekolah Dasar.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16(3): 1174.

Putri, Anisa, Hasrian Rudi Setiawan, and Rizka Harfiani. 2023. “Implementasi Video Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tarigh Di Satit Phatnawitya Thailand.” 7: 2323–28.

Rahman, Fauzi Yusa, Erfan Karyadiputra, Agus Setiawan, and Indu Indah Purnomo. 2021. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 87–93.

Rahmaniyah, Anisa et al. 2022. “Pengembangan E-Book Cerita Bergambar ‘Kino Dan Kiya Anak Sholeh’ Sebagai Media Dakwah Untuk Siswa Sd Kelas 1.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6(3): 828–37. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i2.11641.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.