Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah (Analisis KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab)

Aprilina Wulandari, Windarto Windarto

Abstract


Standar kompetensi lulusan (SKL) adalah kriteria kompetensi lulusan peserta didik yang memuat dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. SKL berguna untuk mempermudah keputusan bagi pendidik dan penanggung jawab pendidikan dalam menentukan dan melaksanakan kebijakan pendidikan. Standar Kompetensi lulusan menjadi acuan pengembangan dan pelaksanaan kebijakan dari standar-standar lainnya. Standar Isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dicapai oleh peserta didik setelah menamatkan pendidikan disatuan pendidikan. Penelitian ini konsentrasi pada Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah; Analisis KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi pustaka dengan pendekatan kulalitatif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dengan analisis melalui tahapan menelaah, mencatat, dan menginterpretasikan literatur bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi kurikulum PAI di Madrasah Ibtidaiyah; Analisis KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab memiliki kelebihan, kekurangan, dan dampak terhadap pembelajaran. Kelebihannya terletak pada bekal peserta didik berupa hard skill dan soft skill yang diperoleh setelah tamat dari jenjang pendidikan dasar.  Adapun kekurangannya implementasi Standar kompetensi Lulusan dan Standar Isi ini memerlukan kesiapan guru dan peserta didik dalam dimensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.


Keywords


Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi, KMA Nomor 183 Tahun 2019, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Alam, Mustabirin. “Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dan Perubahannya Terhadap Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan BALANGA Vol. 1 No. 2 (July 2013): 39–49. https://doi.org/ISSN 2338-426X.

Daeng Pawero, Abdul Muis. “Analisis Kritis Kebijakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Standar Isi Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Journal of Islamic Education Policy Vol. 2 No. 2 (Desember 2017).

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta,hal 55-56.: Kencana Prenada Media Group, 2012.

Handayani, Titik and Suliswiyadi. “Telaah Kritis Konten Kurikulum Pai Madrasah Ibtidaiyah Di Mi Ma’arif Bumiharjo Borobudur Magelang,” 2019.

“KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI DAN Bahasa Arab Pada Madrasah,” n.d.

Mukti Oktaviani, Ndaru, and Isnaini Wulandari. “Implementasi Standar Isi Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Volume 3 Nomor 6 (November 2019).

“Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah,” n.d.

“Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Dalam Kurikulum 2013.,” n.d.

“Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan,” n.d.

Rachmawati, Ryna. “Analisis Keterkaitan Standar Kompetensi Lulusan (Skl), Kompetensi Inti (Ki), Dan Kompetensi Dasar (Kd) Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Tatar Pasundan Jurnal Diklat Keagamaan Volume XII Nomor 34 (September 2018).

“Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” n.d.

Yusuf Siregar, Muhammad. “Implementasi Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Al-Hidayah Medan Tembung.” ALACRITY : Journal Of Education Volume 1 No 1 (2021) (n.d.): 9–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.