Pengembangan E-Book Kebudayaan Islam Untuk Mengenalkan Toleransi Beragama di Kelas IV SD

Rucita Ayu Wijaksana, Ani Nur Aeni, Neng Nitalia, Ega Rahmalia

Abstract


Keragaman agama sering kali di asumsikan memicu timbulnya konflik dalam suatu kelompok mayoritas terhadap minoritas terutama di tingkat Sekolah Dasar untuk itu perlu adanya kesadaran dalam diri manusia sejak dini mengenai toleransi tanpa mengganggu keyakinan yang di yakini seseorang dalam beragama . Toleransi merupakan kunci untuk terciptanya situasi pembelajaran dan hubungan sosial yang kondusif di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan iklim toleran pada siswa kelas VI SD dengan mengenalkan macam-macam agama yang ada di Indonesia dan bentuk penerapan toleransi melalui E-book “Kebudayaan Islam Mengenalkan Toleransi Beragama di Kelas VI SD” Penelitian ini menggunakan metode penelitian D & D atau design and development  dengan menggunakan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Bertujuan untuk menetapkan dasar empiris dalam penciptaan sebuah produk, data diambil melalui wawancara, angket penilaian dan observasi lapangan secara langsung di sebuah sekolah dasar terhadap guru dan siswa kelas VI SD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk berupa E-book yang dibuat dapat dikatakan valid dan layak digunakan. 

 


Keywords


Kata kunci: Kebudayaan, Islam, Toleransi, Beragama

Full Text:

PDF

References


Aeni AN, Juneli JA, Indriani E, Septiyanti IN, Restina R. Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah J Pendidik Madrasah Ibtidaiyah. 2022;6(4):1214. doi:10.35931/am.v6i4.1113.

Ani NA. Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimb Sekol Dasar. 2014;1(1):50-58.

Qalam A, Ilmiah J. Pemanfaatan Aplikasi Zepeto Sebagai Media Pembelajaran Budaya Islam Untuk Siswa Kelas 4 SD / MI Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Abstrak memanfaatkan teknologi serta komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan k. J Ilm Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Aeni AN, Rosalino S, Mufidah H, Zein R, Sulthan E. Penggunaan Podcast Mengenai “Peran Dan Tantangan Muslimah Diera Milenial” Menjadi Madrasah Al-Ula. J Pendidik Tambusai.

Aeni AN, Hanifah N, Djuanda D, Febrian R, Erlina T. Al-Quran Dan Doa-Doa Seputar Ibadah. Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat ( Syaifullah , A ., Rahmah , F . M ., Salamah , F ., & Srisantyorini , 2021 ).

Dewi L, Dewi DA, Furnamasari YF. Penanaman Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Sekolah. J Pendidik Tambusai. 2021;5(3):8060-8064.

Sarwono Y. Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Perspektif Islam (Suatu Tinjauan Historis) Oleh : Aslati, M. Ag Abstrak. Published online 2020:1-9.

Aeni AN, Aprilia ZD, Suhartini DY, Suistiani R. Pengembangan Aplikasi “Cermin” untuk Menanamkan Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam di Sekolah Dasar Kelas V. J Ris Pendidik Dasar. 2022;05(1):89-99.

Ulum JA-. Islam dan Kebudayaan Fitriyani Institut Agama Islam Negeri Ambon. Fitriyani. 2012;12:129-140.

Aeni A nur. Pelaksanaan pendidiikan karakter mahasiswa PGSD untuk menanamkan nilai tanggung jawab pada siswa sekolah dasar. Proseding Didakt Semin Nas Pendidik Dasar. 2016;1(1):106-125. http://proceedings.upi.edu/index.php/semnaspendas/article/view/1170.

Nur Aeni A, Nur Nofriani A, Ayuni Fauziah I, Ahmad Fauzi I. Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. J Pendidik dan Teknol Indones. 2022;2(6):279-287. doi:10.52436/1.jpti.183




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.