Pengembangan Aplikasi Shofun (Salat Is Fun) Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II Sekolah Dasar

Sinta Rohaeni, Puput Putriani, Aep Muhyidin Syaefulloh, Muhammad Fadhil Suryanto, Ani Nur Aeni

Abstract


Artikel ini membahas pengembangan aplikasi Shofun (Salat is Fun) sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada materi salat di Sekolah Dasar (SD) menggunakan metode Design & Development. Aplikasi Shofun (Salat is Fun) dikembangkan sebagai alternatif dalam pembelajaran salat yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak SD. Metode Design & Development digunakan dalam pengembangan aplikasi ini dengan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Analisis kebutuhan dilakukan melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara dengan guru PAI dan siswa SD. Perancangan aplikasi dilakukan dengan memperhatikan aspek tampilan, fitur, dan interaksi pengguna. Pengembangan aplikasi dilakukan melalui tahap implementasi dan pengujian untuk memastikan aplikasi dapat berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada guru dan siswa untuk mengetahui keefektifan dan kepuasan pengguna.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi Shofun (Salat is Fun) dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang salat dan dapat membantu guru dalam penyampaian materi. Selain itu, aplikasi Shofun (Salat is Fun) juga mendapatkan respon positif dari pengguna, baik dari guru maupun siswa. Oleh karena itu, aplikasi Shofun (Salat is Fun) dapat menjadi alternatif yang baik dalam pembelajaran PAI pada materi salat di SD khusunya di tingkat kelas 2.

 

 


Keywords


Kata kunci—Media Pembelajaran, Aplikasi, Salat, Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2022). Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49203

Aeni, A. N., Hanifah, N., Djuanda, D., Febrian, R., Erlina, T., & Indonesia, U. P. (2022). Al-Quran Dan Doa-Doa Seputar Ibadah Dengan Metode. Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat ( Syaifullah , A ., Rahmah , F . M ., Salamah , F ., & Srisantyorini , 2021 ). Mempelajari Al-Quran. 6(2), 162–175.

Aeni, A. N., Juneli, J. A., Indriani, E., Septiyanti, I. N., & Restina, R. (2022). Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1214. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113

Aeni, A. N., Khulqi, R., Latifa, D. A., & Inayah, A. N. (2022). Pemanfaatan Video Pembelajaran “Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin” Sebagai Media Pembelajaran Politik Islam Siswa SD. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 979. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1097

Hartama, D., Perdana Windarto, A., & Wanto, A. (2019). The Application of Data Mining in Determining Patterns of Interest of High School Graduates. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012042

Ihsan, A. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Culture View Virtual Reality Untuk Mata Pelajaran IPS Pada Pokok Bahasan Keragaman Etnik Dan Budaya: Studi Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Metode Design and Development. Repository.Upi.Edu.

Luviana, R., Nuryani, D., Maulida, S. A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Ashatal (Arahan Shalat Digital) Bagi Siswa Kelas Ii Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(3), 692. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i3.8878

Namiroh, S., Syahruddin, D., & Herlambang, Y. T. (2022). El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education Pengembangan Media Audio Visual Bahasa Indonesia Berbasis Hot. Journal of Primary Education, 5(1), 1–11.

Nur Aeni, A., Nur Nofriani, A., Ayuni Fauziah, I., & Ahmad Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(6), 279–287. https://doi.org/10.52436/1.jpti.183

Syahvierul, R., Yuliyana, Y., Adawiyah, T. R., & Aeni, A. N. (2022). Pemanfaatan E-TTI Sebagai Media Meningkatkan Keteladanan Akhlak Dari Kisah Dakwah Nabi Yusuf AS Bagi Siswa Kelas 3. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 623. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1039




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.2100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.