Penggunaan KODAS (Komik Digital Anak Sholeh) sebagai Media Pembelajaran PAI SD pada Materi Dakwah

Ani Nur Aeni, Delvarina Vandini, Dyah Laksmi Putri, Nezar Raksa Wigena

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari media pembelajaran Komik Digital Anak Sholeh dalam mata pelajaran PAI pada materi dakwah anak kelas V SD. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Design and Development dengan tahapan 1) Identify the problem, 2) Describe the objective, 3) Design & develop the artifact, 4) Test the artifact, 5) Evaluate testing result, 6) Communicating the testing result. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gudang Kopi 1 Kota Sumedang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran Komik Digital Anak Sholeh mempunyai tingkat keefektifan yang tinggi yaitu dengan perolehan nilai 51 dari 55 atau dengan presentase 92,7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Komik Digital Anak Sholeh ini sangat bisa diterapkan dalam mata pelajaran PAI materi dakwah anak kelas V SD


Keywords


Media, Komik, Digital, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi , D. P., & Hadi, F. L. Aplikasi BETA (Belajar dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, (2022): 102-112.

Aeni, A. N. Pengembangan Model Pembelajaran FAHM Al-Quran pada Perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Sikap Religius: Studi pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. 2016.

Aeni, Ani Nur. “Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 14 (2010): 1–12. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_14-Oktober_2010/PENDIDIKAN_NILAI_DI_SEKOLAH_DASAR.pdf.

Aeni, A. N., Nursyafitri, A. A., Fachrina, A. Z., & Putri, T. A. Pengembangan Websıte Carrd sebagaı Sarana Dakwah untuk Menıngkatkan Akhlakul Karımah bagı Sıswa SMP Kelas VIII. Jurnal At-Tsiqah (Dakwah dan Ekonomi). (2022): 1-17.

J. Ellis, T., & Levy, Y. A Guide for Novice Researchers: Design and Development Research Methods. Proceedings of the 2010 InSITE Conference, March, (2010): 107–118. https://doi.org/10.28945/1237

Megahantara, G. S. Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan di Abad 21. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. . (2017): 88–100

Putra, D. E., Agustini, H., Ridhania, D. S., & Aeni, A. N. Penggunaan E-Book BDSM (Buku Dakwah Sıswa Mılenıal) sebagaı Medıa Dakwah dı Sekolah Dasar. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, (2022): 1174-1183.

Rahmaniyah, A., Kania, D., Nurhamidah, S. D., & Aeni, A. N. Pengembangan E-Book Cerıta Bergambar “Kıno dan Kıya Anak Sholeh” Sebagaı Medıa Dakwah untuk Sıswa SD Kelas 1. Al-Madrasah: Jurnal Ilmıah Pendıdıkan Madrasah Ibtıdaıyah, (2022): 828-837.

Richey, R.C., & Klein, J.D. (2007). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues (1st ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203826034

Syahvierul, R., Yuliyana, Y., Adawiyah, T. R., & Aeni, A. N. Pemanfaatan E-TTI sebagai Media Meningkatkan Keteladanan Akhlak dari Kisah Dakwah Nabi Yusuf AS bagi Siswa Kelas 3. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6 No. 3 (2022)., 623-631.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.