Pengaruh Metode Iqro Berbantuan Media Buku Baca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Satu SD Kompleks Batua Gugus V Kecamatan Manggala Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Metode Iqro berbantuan Media buku baca (Anak Islam Suka Membaca) Terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu pada SD Kompleks Batua Gugus V Kecamatan Manggala Kota Makassar diterapkan. Dan apakahada pengaruh metode Iqro berbantuan media buku baca terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu SD kompleks batua Gugus V kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Tindakan yang dilakukan untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media buku baca (anak islam suka membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah SD Kompleks Batua gugus V Kecamatan Manggala kota Makassar. Kelompok pertama kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan media buku (anak islam suka membaca) yang dilakukan pada kelas 1 SD di sekolah UPT SPF SDI Batua I dan UPT SPF SDI Tello Baru II. Kelompok kedua adalah kelompok kelas kontrol atau kelompok pembanding melakukan pembelajaran secara normal yang dilakukan pada kelas 1 SD di UPT SPF SDI Batua II dan UPT SPF SDI Tello Baru III. Dengan jumlah sampel 112 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan hasil analisis data diketahui, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 65.55, sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 74.10. setelah melakukan perlakuan. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa perbedaan signifikan nilai t-tabel dengan nilai t-test terbukti dengan t-hitungsebesar 1.990 dan t-tabel 1.673. Jadi hasil dari uji-t berarti>, berarti ditolak dan diterima. Berdasarkan perhitungan t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Iqro dengan bantuan media buku baca anak islam suka membaca dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “pembelajaran dengan memanfaatkan metode Iqro dengan bantuan media buku baca anak islam suka membaca lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas I SD kompleks Batua gugus V kecamatan Manggala kota Makassar”, diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aswani, Aswani. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Tata Bahasa Terhadap Pemahaman Membaca Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Siswa SMA Negeri.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 1, no. 01 (20 Maret 2019): 11–22. https://doi.org/10.30998/diskursus.v1i01.3508.
Fitriliza, Fitriliza. “Analisis Metode Iqra dalam Pembacaan Fawatihussuwar Mahasiswa FAI UHAMKA.” Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (29 Mei 2019): 33–42. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.2933.
Hayati, Nanik. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media AISM (Anak Islam Suka Membaca) pada Siswa Tunadaksa Kelas IV SLB N 1 Bantul.” Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa 1, no. 1 (25 Juni 2020): 27–36.
Junus, A. M. Keterampilan Berbahasa Tulis. Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2011.
Musta`in, Nurani. Anak Islam Suka Membaca Edisi Revisi Jilid 1. Ed. 1 Cet. 167. Solo: Pustaka Amanah, 2016.
Patiung, Dahlia. “Membaca sebagai Sumber Pengembangan Intelektual.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 5, no. 2 (14 Desember 2016): 352–76. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854.
Qisthi Fadlilah, Annisa, dan M. Pd Dra Surtikanti. “Implementasi Pembelajaran Membaca Melalui Metode Anak Islam Suka Membaca di RA Anak Sholeh Ngasem Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016.” S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016. https://eprints.ums.ac.id/42625/.
Rohana. Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2021.
S., Lestari. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Kencana, 2012.
Schunk, D. Learning Theories An Educational Perspective: Teori-teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Aceh: Pustaka Pelajar Universitas Syiah Kuala, 2012.
Tarigan, H. G. Membaca Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.
Wahab, R. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 20016.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.