Implementasi Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Pagi dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 13 HSU

Haji Hamli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Al-Qur’an pagi dalam membentuk karakter siswa MIN 13 HSU. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa MIN 13 HSU. Hasil penelitian melalui observasi dan wawancara menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran Al-Qur’an pagi merupakan salah satu cara yang tepat dalam membentuk karakter siswa utamanya karakter religius dan disiplin siswa. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan dalam jiwa anak sejak dini, karena akan berdampak untuk kehidupan masa depan anak yang akan datang. Di usia anak sejak dini penerapan karakter tepat sekali untuk dibina karena pada usia dini tersebut anak mudah untuk menjalakan hal-hal baik yang diperintahkan baik oleh orang tua, guru dan sekolah. sekolah merupakan pendidikan yang tepat dalam membantu orang tua mendidik karakter anak. Namun dalam hal mendidik karakter tidak sepenuhnya ada di lembaga sekolah yakni guru agama, tapi harus adanya keterlibatan antara orang tua dan masyarakat serta guru dalam membina karakter tersebut. Di era teknologi dari seiring berkembangnya zaman maka teknologi juga semakin canggih, sehingga pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan dalam jiwa anak. Maka, kegiatan amaliyah merupakan wadah bagi guru dalam membantu membina karakter religius dan disiplin siswa.


Keywords


Pembelajaran, Al-Qur’an, Karakter, Siswa

Full Text:

PDF

References


Albi Anggito dan Johan Setiawan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Annisa, Miftah Nurul, Ade Wiliah, dan Nia Rahmawati. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital.” Jurnal Pendidikan dan Sains 2, no. 1 (2020).

Chairani, Meyrosa. “Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Disiplin Melalui Budaya Sekolah di MIN 2 Lampung Selatan.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.

Chairiyah. “Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan.” Literasi 4, no. 1 (2014).

Hariyani, Dewi, dan Ainur Rafik. “Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah.” AL-ADABIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2021).

Haq, Dadan Nurul, dan Wawan Kurniawan. Pengembangan Karakter Religius di Sekolah dengan Pendekatan Kontekstual. Jawa Tengah: CV. Amerta Media, 2020.

Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter 5, no. 1 (2015).

Noviyanto, Roif. “Implemmentasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Mathla’ul Anwar Landbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Raden Intan Lampung, 2017.

Omeri, Nopan. “Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan.” Manajer Pendidikan 9, no. 3 (2015).

Prasanti, Ditha. “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan.” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 6, no. 1 (30 Juni 2018).

Prastowo, Andi. “Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Pemberdayaan Pikiran Bawah Sadar.” al-Aulad : Journal of Islamic Primary Education 1, no. 2 (2018).

Safitri, Novika Malinda. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah di SMPN 14 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 2 (2015).

Soleha, Berlian Umi. “Pembelajaran Aswaja dalam Penguatan Amaliyah Siswa MA Al Hikmah Bandar Lampung.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021.

Syaroh, Lyna Dwi Muya, dan Zeni Murtafiati Mizani. “Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 3, no. 1 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.