Implementasi Full Day School dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Karakter Religius Siswa MTs

Nur Rahmatun nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi full day school dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Karakter Religius Siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (field research). Desain penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi akademik dan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Sampel penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, guru pendidikan agama islam dan siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi tentang implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi akademik dan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian analisis implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi akademik dan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 81,09 dengan kategori baik. Untuk implementasi full day school MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 79,69 dengan kategori baik. Untuk meningkatkan Prestasi Akademik Siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 82,83dengan kategori baik. Untuk meningkatkan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 82,83dengan kategori baik.


Keywords


Implemetasi, Fill Day School, Akademik, Karakter

Full Text:

PDF

References


Akmal, Hawi. “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam”. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2013.

Asmani, Jamal Makmur. “Full Day School”. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Fiqri, Miftahul. “Penerapan Program Full Day School dalam Meningkatkan Prestasi Akdemik Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kota Jambi”. Tesis. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.

Furchan, Arif. Pengantar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.

Gugiyono. Metode Penelitian dan Pengembangan. Research and Development. Bandung: Alfabeta. 2015.

Hamidi. “Metode Penelitian Kualitatif”. Malang: UMM Press, 2004.

Haryanti, Nik. Dampak Pembelajaran Daring terhadap Penguasaan Konsep PAI (Pendidikan Agama Islam) dan Karakter Kedisiplinan Siswa. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, No. 2 (2023)

Ida, Yanti. “Implementasi Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa (Studi Multisitus di SDN Ketawanggede). Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018.

Kemendikbud. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarata: Kemendikbud. 2018.

Maulidiyah, Ika. “Pengaruh Sistem Full Day School terhadap Sikap Religius dan Sikap Sosial Siswa di Sekolah Alam MI BAIPAS Malang”. Tesis Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.

Perpres. 2017. Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Perpres.

R., Sari P., Wardani., D., K., & Noviana, L. Implementasi Full Day School (Sekolah Sehari Penuh) sebagai Best Practice (Latihan Terbaik) dalam Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Sragen. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 3, No. 2 (2017): 1-10.

Soapatty, Lisnawati. Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP Jati Agung Sidoarjo. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2, No. 2 (2014).

Soeli,”Yuniar Mansye. Tingkat Stres Siswa pada Sekolah yang Menerpa Sistem Full Day School”. Jambura Nursing Journal. 3 No. 1

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif untuk Yang Bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta, 2018.

Valensia, Clara. “Impelemntasi Kegiatan Keagamaan dalam Mengembangkan Karakter Religius dan Tanggung Jawab Sosial (Studi Kasus di MI Al-Fikri Palembang)”. Tesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022.

Wahyuli, Rahmi, dan Ifdil, “Perbedaan Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa yang Menerapkan Full Day School dan Non Full Day School”. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia 4, No. 3 (2020)

Wawancara dengan Iis Yugi Manuningsih, guru BK MTs Surya Buana Malang, Selasa 18 April 2023, pukul 09.15 WIB

Yayan, “Implementasi Full Day School dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Al-Husna Kota Tangerang Banten”. Jurnal Rausyan Fikr, 17 (Maret 2021)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.