Pengaruh Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIT Muhammadiyah Bandar Lampung

Anelda Ultavia B, Maemonah Maemonah, Fildza Malahati

Abstract


Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada hasil belajar kemampuan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Bandar Lampung. Penelitian merupakan penelitian pre-eksperimental dengan tipe one group design. Metode penelitian ini menggunakan instrument tes yang dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post test sebagai design eksperimen untuk meneliti pengaruh peserta didik seudah menerima pelakuan melalui pembelajaran kontruktivisme terhadap materi yang diberikan pada desain ini. Pre- test diterapkan untuk mengetahui bentuk kondisi awal peserta didik sebelum menerima perlakuan. Pada kondisi ini, sampel yang ditemukan merupakan pemahaman atau hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran kontruktivisme. Sedangkan, post-test atau tes kedua dilakukan setelah siswa telah menerima perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme untuk mengetahui perubahan yang dialami siswa menggunakan analisis data yang ditampilkan dalam bentuk persentase (%) sebagai penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pembelajaran kontruktivisme ini berpengaruh kepada kemampuan menulis siswa pada mata pelanajaran bahasa Indonesia dengan cukup signifikan yang dengan ditunukannya perubahan tingkat kemampuan peserta didik setelah mengalami perlakuan, yaitu  rata- rata hasil belar, kategori hasil belajar dan kategori ketuntasan yang meningkat.


Keywords


Kontruktivisme, Kemampuan Menulis, Perubahan

Full Text:

PDF

References


A.Siroj, Bambang Riyanto dan Rusdy. “Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Prestasi Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Pendidikan Matematika 5 (2011): 111–28.

Akhiruddin, Sujarwo, and Haryanto Nurhikmah Atmowardoyo. Belajar dan Pembelajaran. Cv. Cahaya Bintang Cemerlang, 2019.

Aprilian, Adinda Daffa, and Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. “Metodologi Hubungan Internasional , Teori Kritis dan Teori Konstruktivisme,” no. July (2022).

Arioder, Likha Jose Q, Veronica Q Arioder, Violeta V Quintana, and Nikki Heherson Dagamac. “Application-of-Constructivist-Teaching-Approach-in-Introducing-Newenvironmental-Concepts-To-Young-7818.Pdf” 16, no. 2 (2020).

Azhar, Imam. “Kontruktivisme dalam Pendidikan” 3, no. c (2016): 81–92.

Azizah, Umniyatul, Acep Heris Hermawan, and Mohamad Erihadiana. “Implementasi Teori Belajar Sosial Albert Bandura pada Kurikulum Darurat Covid-19.” Forum Paedagogik 12, no. 1 (2021): 1–14.

Daulay, Ulfah Rani, and Rosmawaty Harahap. “Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Gagnon & Collay Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Proposal Kelas XI SMA.” Kode: Jurnal Bahasa 9, no. 4 (2020): 134–40. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22045.

Garcia, I., and C. Pacheco. “A Constructivist Computational Platform to Support Mathematics Education in Elementary School.” Computers and Education 66 (2013): 25–39. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.02.004.

Hendrayanto, Dhani Nur. “Implications of the Constructivism Philosophy Perspective in Mathematics Learning.” Journal of Mathematics and Mathematics Education 9, no. 1 (2019): 15. https://doi.org/10.20961/jmme.v9i1.48285.

Henry Guntur Tarigan. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.

Laila, Qumruin Nurul. “Pemikiran Pendidikan Moral Albert Bandura.” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 3, no. 1 (2015): 21–35.

Lesilolo, Herly Janet. “Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah.” Kenosis: Jurnal Kajian Teologi 4, no. 2 (2019): 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67.

MS, Zulela, and Reza Rachmadtullah. “Constructivism Approach in Learning to Write Narrative at Elementary School.” Advances in Social Science, Education and Humanities Research 178, no. ICoIE 2018 (2019): 287–90. https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.64.

Mulyadi, Mohammad. “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them].” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 15, no. 1 (2019): 128.

Naufal, Hanif. “Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2021): 143–52.

Nuryati, Nuryati, and Endang Fauziati. “Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2021): 86–95. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1153.

Sholahudin Al Ayubi. “Penerapan Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Axioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2018): 1–14.

Sugrah, Nurfatimah Ugha. “Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains.” Humanika 19, no. 2 (2020): 121–38. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274.

Suh, Woong, and Seongjin Ahn. “Utilizing the Metaverse for Learner Centered Constructivist Education in the Post Pandemic Era: An Analysis of Elementary School Students.” Journal of Intelligence 10, no. 1 (2022). https://doi.org/10.3390/jintelligence10010017.

Suparlan, Suparlan. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Islamika 1, no. 2 (2019): 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208.

Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC, 2004.

Yuliariatiningsih, Hilda Karli dan. Model-Model Pembelajaran. Informasi. Bandung: Bina Media Informasi, 2003.

Yunus, Suparno dan Mohamad. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.