Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembelajaran IPA Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Nailah Fatma, Muhammad Najib, B.Nuraulia Rahmanita, Farhil Husaini, Sedya Santosa

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana hasil belajar siswa sekolah dasar dapat ditingkatkan dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan Islam ke dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dalam integrasi nilai-nilai Pendidikan Islam. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar yang berlokasi di Lhokseumawe, dengan pendekatan kuantitatif. Metode quasi-eksperimental, desain One Group Pretest-Posttest Design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pretes dan postes memiliki tingkat signifikansi 0,000<0,05, menurut temuan pengujian hipotesis. Dari hasil ini Ha diterima, artinya terjadi peningkatan pemerolehan hasil belajar siswa dengan memasukkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembelajaran IPA sebelum pengobatan dan setelah pengobatan.


Keywords


Integrasi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, Aida Noer, Euis Nurjanah, and Muhamad Ridwan Effendi. “Strategi Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan Nilai-Nilai Akhlak Melalui Integrasi Pendidikan.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi Islam 2, no. 01 (2021): 32–45.

Hasanah, Nur. “Dampak Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Salatiga.” INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 9, no. 2 (2015): 445–466.

Ikhwan, Afiful. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014).

Istikomah, Istikomah. “Integrasi Ilmu Sebuah Konsep Pendidikan Islam Ideal.” Jurnal Pemikiran Keislaman 28, no. 2 (2017): 408–433.

Masyhudi, Fauza, Rendy Nugraha Frasandy, and Martin Kustati. “Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Islam Tepadu Azkia Padang.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 10, no. 1 (2020): 81.

Muspiroh, Novianti. “Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah.” Quality 2, no. 1 (2014): 168–188.

———. “Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 3 (2013): 173. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/2099.

Nurdyansyah, Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. “Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.” Nizamia Learning Center, 2016.

Nurjan, Syarifan. “Psikologi Belajar.” Wade Group, 2016.

Nurwinda, Muh Khaedar, Cayati, and Eka HS Fitriana. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 7, no. 1 (2022): 36–44.

Rafsanjani, Toni Ardi, and Muhammad Abdur Razaq. “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara.” Profetika: Jurnal Studi Islam (2019): 16–29.

Ramadanti, Ewita Cahaya. “Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Tawadhu 4, no. 1 (2020): 1053–1062.

Ramadhani, Arinta Indah, Rian Vebrianto, and Abu Anwar. “Upaya Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Instructional Development Journal 3, no. 3 (2020): 188–202.

Retnanto, Agus. “Integrasi Keilmuan dalam Pendidikan Islam.” Elementary 5, no. 2 (2017): 233–248. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/2988/pdf.

Saripudin, Pudin. “Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Sains (IPA) di Sekolah Dasar Negeri Sadamantra Kuningan.” Oasis: Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2, no. 2 (2018): 48.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuatitatifdan R&D. Bandung, 2017.

Tias, Ika W Utamining. “Penerapan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 1, no. 1 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.