Pengembangan E-Modul Bermuatan Tema Cita-Citaku Berbasis Project Based Learning

Nata Tiara Putri, Farida Ariyani, Mohammad Mona Adha

Abstract


Paket belajar merupakan salah satu penunjang untuk menyampaikan materi, serta pentingnya menumbuhkan kesadaran kepada peserta didik agar tetap semangat belajar, E-Modul berbasis project based learning merupakan alternatif yang dapat digunakan oleh pendidik untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan implementasi E-Modul berbasis project based learning.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 1 Sri Katon Gugus R.A Kartini, Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan Lampung. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive diperoleh sebanyak 32 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan teknik instrumen tes yang valid dan reliabel.Teknik analisis data menunjukkan E-Modul bermuatan tema cita-citaku berbasis project based learning sangat valid untuk digunakan. Teknik analisis data efektifitas terkait implementasi E-Modul berbasis project based learning dalam penelitian ini menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,56 dengan signifikansi 0,3 <????< 0,7. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul bermuatan tema cita-citaku berbasis project based learning yang dikembangkan valid dan efektif untuk diimplementasikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar.


Keywords


E-Modul, Tema Cita-Citaku, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Adha, M. A. Model Pembelajaran Project Citizen. Banyumas: Amerta Media, 2021.

Borg, W. R., dan M. D. Gall. Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman, 1983.

Dwicahyono, D. A. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran.” Jurnal Terampil 2, no. 1 (2019).

Farda, Ummu Jauharin. “Bahan Ajar Sets Untuk Sekolah Dasar.” Jurnal Profesi Keguruan 4, no. 1 (2018). https://doi.org/10.15294/jpk.v4i1.14224.

Iskandar, R. S. F., dan A. Raditya. “Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning Berbantuan Scratch.” Jurnal Nasional Matematika dan Aplikasi 1, no. 2 (2017).

Kuncahyono. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2018.

Kurniawan, Rahmat. “Pengembangan Model Pembelajaran Guided Project Based Learning untuk Mahasiswa Slowlear.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10, no. 2 (2020). https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4128.

Maskur, Muhammad. “Eksistensi dan Esensi Pendidikan Madrasah di Indonesia.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.24042/terampil.v4i1.1807.

Pratiwi. “Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Materi Peluang.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 10, no. 1 (2018).

Purwanto, Edi. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Mata Kuliah Media Pembelajaran PAI STAI Al-Hikmah Tanjung Balai.” EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 3, no. 3 (2019). https://doi.org/10.47006/er.v3i3.5617.

Rusman. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Sarwandi, M. Giatman, S. Sukardi, dan Dedy Irfan. “Pengembangan E-Modul Project Based Learning Mata Kuliah Manajemen Proyek pada Pendidikan Vokasi.” PADURAKSA: Jurnal Teknik Sipil Universitas Warmadewa 8, no. 1 (2019). https://doi.org/10.22225/pd.8.1.1218.105-116.

Sukareni, Ni Luh, dan Adrianus I. Wayan Ilia Yuda Sukmana. “The Integration of Problem Based Learning Model on Indonesian Language E-Modules.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 4, no. 3 (2021). https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i3.40254.

Zuriah, Nurul, Hari Sunaryo, dan Nurbani Yusuf. “IBM Pendidik Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal.” Jurnal Dedikasi 13, no. 2 (2016). https://doi.org/10.22219/dedikasi.v13i0.3136.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.