Urgensi Pendidikan Karakter Islami di Era Disrupsi

Dede Rubai Misbahul Alam, Rizal Firdaus, Jaenudin Jaenudin

Abstract


Era disrupsi yang sarat dengan serba teknologi dan digitalisasi telah mengubah kehidupan manusia, teknologi dan digitalisasi menjadi elemen yang tak terpisahkan dari tren sosial, ekonomi, politik, pendidikan, agama sampai tata aturan nilai hidup. Situasi ini mengancam sikap mental dan karakter setiap elemen masyarakat, menjauhkan nilai dan hubungan silaturahmi yang hakiki dalam pertemuan tatap muka. Merubah mental perjuangan menjadi instan tanpa proses upaya pelik yang membutuhkan usaha yang keras. Kondisi tersebut merupakan ancaman serius bagi keberlangsungan kehidupan umat manusia.Dalam kondisi seperti ini, pendidikan karakter islami menjadi sangat penting perannya dalam kehidupan masyarakat. Karena pendidikan karekter islami mempunyai peran yang sangat strategis dalam menyiapkan generasi yang unggul dan bermoral di era yang penuh dengan tantangan dan keterbukaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diambil dari berbagai dokumen dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, analisis dokumen dan forum group discussion (FGD). Metode analisis data yang digunakan ialah metode deskriptif. Pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya nampak dalam tindakan nyata yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab menghormati orang lain, bekerja keras dan lain sebagainya. Orientasi pendidikan karakter islami ialah karakter atau akhlaq manusia yang berdasarkan kepada Al Quran, hadits Nabi SAW dan akal manusia. Arah dan tujuan pendidikan karakter islami ialah untuk menanamkan nilai moral dan ajaran agama. Pendidikan karakter islami bertujuan untuk membentuk pribadi muslim sepenuhnya, yang mengembangkan seluruh potensi manusia baik jasmaniah, rohaniah, dan menumbuhsuburkan hubungan setiap pribadi dengan Allah, manusia dan alam dengan cara mengembangkan aspek struktural, cultural dan berupaya meningkatkan sumber daya manusia guna mencapai taraf hidup yang layak. Hasil penelitian menyatakan optimalisasi pendidikan karakter islami secara teoritis dapat mengcounter berbagai masalah yang timbul sebagai dampak era disrpsi seperti masalah krisis moral dan akhlak, masalah disorientasi fungsi keluarga, dan masalah penyebaran sekularisasi dan liberalisasi kehidupan.


Keywords


Pendidikan Karakter, Karakter Islami, Era Disrupsi

Full Text:

PDF

References


Al Qardhawi, Yusuf. Islam dan Globalisasi Dunia. Jakarta: Pustaka Alkautsar, 2004.

An Nahlawi, Abdurrahman. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

Ekasari, Putri. et al. Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet dalam Kehidupan Remaja di Pedesaan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2012. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB-Bogor, ISSN: 1978-4333, Vol. 06, No. 01.

Eriyanto. Disrupsi, Jurnal Komunikasi Indonesia (JKI). http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/viewFile/9945/67546121.

Fakhruroji, Mochammad. Da’wah di Era Media Baru, Bandung. Simbio Rekatama Media, 2017.

Fukuyama, Francis. The Great Disruption: Human Nature and the Reconstitution of Social Order. Terjemah. Yogyakarta: Penerbit Qalam, 2016.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2012.

http://www.merriam-webster.com.disrption.

Husaini, Adian. Perguruan Tinggi Ideal di Era Disrupsi. Depok: At Taqwa Collage, 2017.

Husaini, Adian. Virus Liberalisme di Perguruan Tinggi. Depok: GIP.

Husaini, Adian. Wajah Peradaban Barat. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Kasali, Rhenald. Disruption. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Kasali, Rhenald. The Great Shifting. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Liliweri, Alo. Makna Budaya dalam Komunikasi Antar Budaya, Yogyakarta: LkiS. Th. 2002.

Nasution, S. Metode Penelitian Naturalistik Kualitaif. Bandung: Tarsito. 1996.

Q-Anies, Bambang. dan Adang Hambali. Pendidikan Karakter Berbasis al Quran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2008.

Soerjono Soekanto. Faktor-faktor Dasar Interaksi Sosial dan Kepatuhan pada Hukum-Hukum Nasional. Jakarta: Rajawali Pers, 1974.

Syukur, Taufiq Abdillah. Pendidikan Karakter Berbasis Hadits. Depok: Rajawali Press, 2014.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2014.

Yakan, Muna Haddad. Hati-hati Terhadap Media Yang Merusak Anak. Jakarta: Gema Insani Press. 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.