Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi sebagai Sumber Belajar IPA Biologi di Sekolah Dasar Kabupaten Sumba Timur

Yohana Makaborang

Abstract


Tujuan dilaksanakan penelitian dosen mandiri  ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran 3 dimensi sebagai sumber belajar ipa biologi di sekolah dasar kabupaten sumba timur. Desain penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development). Research and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk meneliti sehingga menghasilkan produk baru yang selanjutnya dikaji keefektifan produk tersebut. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru mata pelajaran  mampu mengembangakan media pembelajaran 3 dimensi sebagai sumber belajara. Kegiatan ini mampu meningkatkan antusias dan motivasi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran. Selain itu juga guru-guru dapat memperoleh pengetahuan mengenai pengembangan media pembelajaran dalam bentuk tiga dimensi dan produk ini dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.


Keywords


Media Pembelajaran, Tiga Dimensi, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Fuad, Ainul, Hilda Karim, and Muhiddin Palennari. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Magazine sebagai Sumber Belajar Biologi Siswa Kelas XII.” Biology Teaching and Learning 3, no. 1 (June 2020): 38–45.

Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana, and I Made Indra P. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group, 2021.

Mudlofir, Ali, and Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Musfiqon, M. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publishers, 2012.

Rifai, Ahmad, Sulton Sulton, and Sulthoni Sulthoni. “Pengembangan Media Mobile Learning sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 3, no. 1 (February 10, 2020): 10–17. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p010.

Sari, Efinda, Sumarno Sumarno, and Anggun Dwi Setya Putri. “Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 2 (June 18, 2019): 150–57. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17761.

Septian, Ariski, and Jintar Tampubolon. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Tiga Dimensi (3D) Terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Meulaboh.” Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil 1, no. 1 JUNI (2015). https://doi.org/10.24114/eb.v1i1.2827.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.