Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGMI pada Mata Kuliah Perkembangan Peserta Didik Menggunakan Model Project-Based Learning

Putri Jannati, Fitri Yuliawati, Siti Fatonah, Kharisma Romadhon

Abstract


Terdapat beberapa tantangan dalam perkuliahan perkembangan peserta didik. Tantangan utamanya adalah fokus mahasiswa serta meningkatkan kemampuan menulis. Untuk menulis karya ilmiah tentu diperlukan metode khusus agar mahasiswa tertarik metode itu adalah project best learning. Penelitian yang dilakukan peneliti kali ini menggunakan PTK yang akan berfokus untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis serta penulisan karya ilmiah mahasiswa. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project-based learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan menulis judul pada mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga semester IV tahun ajaran 2022/2023. Dari yang awalnya keterampilan befikirnya biasa semenjak menggunakan PjBL kreativitas berpikir mahasiswa meningkat. Berdasarkan data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis mahasiswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,62, sedangkan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 3,75. Hal ini dapat terjadi karena di dalam langkah pembelajaran model project-based learning terdapat aktivitas-aktivitas yang melatih mahasiswa untuk berpikir dan seiring dengan proses berpikir tersebut semakin meningkat pula keterampilan berpikir kritisnya.


Keywords


Fokus, Menulis, PjBL

Full Text:

PDF

References


Adhani, Dwi Nurhayati, dan Nina Hanifah. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna (Penelitian Tindakan Kelas pada Anak kelompok B di RA Muslimat NU 107 Khodijah Kramat Duduksampeyan).” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 4, no. 1 (2017): 64–75.

Anderson, L, dan D Krathwohl. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Astutik, Sri, dan Singgih Bektiarso. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo.” Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2021): 54–62.

Binawan, Deri Hendra, Indriati Indriati, dan Putra Pandu Adikara. “Klasifikasi Dokumen Abstrak Skripsi Berdasarkan Fokus Penelitian di Bidang Komputasi Cerdas Menggunakan BM25 dan K-Nearest Neighbor.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer 3, no. 3 (2019): 2640–45.

Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2009.

Dwijananti, Pratiwi, dan Dwi Yulianti. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, no. 2 (2010).

Ennis, R. H. “Goals for A Critical Thinking Curriculum. In A. L. Costa (Ed). Developing Minds: A Resource Book for Teacher Thinking.” Association For Supervisor and Curriculum Development (ASCD), 2000.

Fitria, Happy, Muhammad Kristiawan, dan Nur Rahmat. “Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas.” Abdimas Unwahas 4, no. 1 (2019).

Herdiani, Sulastri. “Efektivitas Kinerja Mengajar Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Ciamis).” Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) 4, no. 3 (2018).

Hikmah, N., E. Budiasih, dan A. Santoso. “Pengaruh Strategi Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Koloid.” Jurnal Pendidikan, 2016.

Leicester, M., dan D. Taylor. “Critical Thinking Across the Curriculum.” McGraw-Hill Open University Press, 2010.

Lubis, Arlia Sapitri. “Analisis Makna Singkatan dalam Status dan Komentar Teman di Facebook.,” 2017.

Machali, Imam. “Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru.” IJAR 1, no. 2 (2022).

Muhardi, Muhardi. “Kontribusi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia.” Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan 20, no. 4 (2004): 478–92.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara, 2022.

Muvid, Muhamad Basyrul. “Konsep Pemerataan Pembangunan Pendidikan Nasional sebagai Alternatif Kemajuan Pendidikan Indonesia.” Widya Balina 7, no. 2 (2022): 469–76.

Nurizzati, Yeti. “Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Mahasiswa IPS.” Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi 1, no. 2 (2016).

Pandiangan, Anjani Putri Belawati. Penelitian Tindakan Kelas: sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish, 2019.

Sihotang, Kasdin. Berpikir kritis: Kecakapan Hidup di Era Digital. PT Kanisius, 2019.

Sofia, Adib. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bursa Ilmu, 2017.

Sularmi, Dwiyono Hari Utomo, dan Nyoman Ruja. “Pengaruh Project-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2018).

Susilowati, Dwi. “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Edunomika 2, no. 01 (2018).

Triansyah, Fadli Agus, Suwatno Suwatno, dan Endang Supardi. “Fokus Penelitian Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi: Bibliometrik Analisis 2019-2023.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 1 (2023): 130–39.

Warsah, Idi, dan Muhamad Uyun. “Kepribadian Pendidik: Telaah Psikologi Islami.” Psikis: Jurnal Psikologi Islami 5, no. 1 (2019): 62–73.

Wena, M. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Windayana, Husain. “Penelitian Tindakan Sekolah.” EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 4, no. 1 (2012).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.