Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Upaya Menggali Potensi Siswa di SDIT Cordova Samarinda

Misbahul Khairani, Susanto Susanto, Muyasaroh Muyasaroh

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan dibanyak sekolah-sekolah untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerja sama, dan kemandirian peserta didik secara optimal. Hal ini mengacu pada Permendikbud RI Nomor 62 Tahun 2014. Demikian pula di SDIT Cordova Samarinda yang telah cukup lama memfasilitasi siswanya dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Atas dasar adanya kegiatan ini maka peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh apa saja jenis kegiatan ekstrakurikuler di SDIT Cordova Samarinda, kemudian potensi apa saja yang dapat digali melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDIT Cordova Samarinda, Serta bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler dalam upaya menggali potensi siswa di SDIT Cordova Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (descriptive reserch) dengan pendekatan kualitatif, yang mana dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena dan kenyataan yang terjadi yaitu dengan jalan mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah yang diteliti. Dilihat dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa jenis kegiatan ada empat belas jenis kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah SDIT Cordova Samarinda yang memiliki peran dalam menggali potensi siswa yaitu latihan biola, menari, taekwondo putra/putri, basket, thifan putra/putri, dokter kecil, seni baca al-Qur’an, futsal, English club, melukis, catur, serta teater. Sedangkan potensi yang digali melalui kegiatan ekstrakurikuler terdapat tiga potensi, yaitu: a) Potensi Fisik siswa yang digali melalui melalui kegiatan ekstrakulikuler di SDIT Cordova yaitu olah raga seperti futsal, basket Thifan putra dan putri serta tekwondo. Hal ini menjaga stamina fisik atau jasmani siswa lebih sehat dan kuat sehingga lebih produktif dalam mengikuti proses pembelajaran setiap harinya, b) Potensi Intelektual siswa yang digali melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDIT Cordova yaitu Englis Club dan Catur. Dengan memperkuat kecerdasan dan kemampuan siswa dalam berfikir. c) Potensi Khusus/Bakat. Kemampuan khusus atau bakat yang digali melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti: teater, melukis, menari, dan seni baca Al-Qur’an.

 


Keywords


Peran, Ekstrakurikuler, Potensi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2014.

Departemen Agama Republik Indonesia. Kurikulum Madrasah Aliyah. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. 2014.

Desmita, Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2005.

Djamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2005.

Faisal, Sanapiah. Format-Format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.

Fatimah, Enung. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Pustaka Setia: Bandung. 2010.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research I. Yogyakarta: Andi Offset. 2000.

Hamalik, Oemar. Administrasi dan Supervisi Pengembangan Kurikulum. Bandung: Mandar Maji. 2010.

Nashori, H Fuad. Potensi-Potensi Manusia, Yogyakarta: Pustaka Fajar, 2003.

Sugiyono. Metodoogi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2009.

Sugihartono. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY press. 2007.

Sunar P, Dwi. Edisi Lengkap Tes IQ, EQ & SQ. Yogjakarta: FlashBooks. 2010.

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2002.

Tim Pustaka Yustisia. Panduan Lengkap KTSP. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Yustisia. 2007.

Undang-undang R.I Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan. Surabaya: Kesindo Utama. 2009.

Margono, S. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.