Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Profesional

Izza Fazira, Usman Radiana, Wahyudi Wahyudi, Luhur Wicaksono

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru profesional SD Negeri di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel berjumlah 80 orang guru ASN seraya teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang valid juga reliabel. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS 29. Hasil temuan terhadap penelitian ini ialah: 1) Ditemukan imbasan yang signifikan dari motivasi kerja terhadap kinerja guru profesional dari nilai Sig. 0,017<0,05 dan nilai thitung > ttabel (2,436>1,991). 2) Ditemukan imbasan yang signifikan dari pengalaman kerja terhadap kinerja guru profesional dari nilai Sig. 0,000<0,05 dan nilai thitung > ttabel (8,063>1,991). 3) Ditemukan imbasan yang signifikan dari motivasi kerja dan pengalaman kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru profesional dari nilai Sig. 0,000<0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (112,267>3,11). Kesimpulan hasil analisis data yaitu: 1) Pengaruh X1 terhadap Y sebesar 21% kategori rendah. 2) Pengaruh X2 terhadap Y sebesar 69,5% kategori kuat. 3) Kinerja guru profesional dipengaruhi oleh motivasi kerja juga pengalaman kerja secara bersama-sama sebesar 74,5% kategori kuat. Maka dari itu, motivasi kerja dan pengalaman kerja dapat menaikkan kualitas kinerja guru.


Keywords


Motivasi, Pengalaman Kerja, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Anwar, Husni, Yusra Defawati, Mrs. Demina, and Sufyarma Marsidin. “Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Individu (Guru).” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik 2, no. 7 (2021): 1087–95. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.157.

Gagne, Marylene. Work Engagement, Motivation, and Self-Determination Theory. New York: Oxford University Press, 2014.

Hafrizal, Fadly Azhar, and Erni. “Pengaruh Pengalaman Kerja dan Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Sekecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir.” Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) 6, no. 1 (2022): 242–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i1.8646.

Kuswati, Yeti. “Motivation Role in Improving Work Effectiveness.” Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities and Social Sciences 2, no. 4 (2019): 281–88. https://doi.org/10.33258/birci.v2i4.636.

Mangkunegara, A. P., and T. R Octorend. “Effect of Work Dicipline, Work Motivation and Job Satisfaction on Employee Organizational Commitment in the Company (Case Study in PT. Dada Indonesia).” Universal Journal of Management 3, no. 8 (2015): 321. https://www.hrpub.org/download/20150831/UJM3-12104318.pdf.

Mawaddatullin, Nurul. “Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus II Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 2, no. 1 (2017): 13–20. https://www.neliti.com/id/publications/298781/pengaruh-kompetensi-manajerial-kepala-sekolah-disiplin-kerja-dan-motivasi-kerja.

Nuruni, Tri. “Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru PAI SD Negeri di Kecamatan Sidoharjo Kabupaten Sragen.” Institut Agama Islam Negeri, 2014. https://adoc.tips/download/pengaruh-tingkat-pendidikan-dan-pengalaman-kerja-terhadap-ki.html.

Pangestuti, Dewi Cahyani. “Analisis Pengalaman Kerja, Kompetensi, Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Karir dengan Intervening Prestasi Kerja.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1 (2019): 57–68. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.136.

Priansa, Donni J. Kinerja Dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta, 2018.

Purbonuswaanto, Welius. “Kinerja Guru SMPN 2 Ungaran Tahun 2022 sebagai Pengaruh dari Pengalaman Kerja Motivasi Berprestasi dan Supervisi Kepala Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dasar 10, no. 2 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v10i2.67648.

R. H Andrey, Rattu, Adolfina, and Yantje Uhing. “Pengaruh Pengalaman Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Rumah Makan di Manado.” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7, no. 1 (2019): 361–70. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/22376.

Robbins, Stephen P., and Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi. 16th ed. Jakarta: Salemba Empat, 2018.

Sedarmayanti. Manajemen Sumber Daya Manusia (Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil). Edited by Dinah Sumayyah. Kesepuluh. Bandung: Refika Aditama, 2019.

Tangge, Lilies, and Alfira Ferlin. “Pengaruh Pengalaman Mengajar dan Motivasi Kerja Terhadap Guru Biologi Tersertifikasi di SMA Negeri Se-Kota Palu.” Prociding Biology Education Converence 15 (1) (2018): 515–23.

Tangkilisan, Hessel NS. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo, 2015.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. 17th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Yancomala, Olyvia. “Hubungan Gaya Kepemimpinan dengan Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat.” Jurnal Administrasi Pendidikan 2, no. 1 (2014): 535–41.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.