Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Samsuri Untung Wahyudi, Farida Nugrahani, Mukti Widayati

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa terhadap pengembangan media pembelajran google sites dan efektivitas media pembelajran google sites dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Hargomulyo I Gunung Kidul. Metode penelitiannya adalah metode penelitian dan pengembangan yakni research and development (R&D). Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi (pengamatan), dan gabungan ketiganya. Teknik analisis data dengan cara deskriptif kualitatif dan menggabungkan data kuantitatif untuk merevisi pengembangan produk media pembelajaran Google Sites. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa motivasi siswa terhadap pengembangan media pembelajran google sites  mengalami peningkatan, dimana sebelum penerapan media pembelajran google site prosentase rata-rata keseluruhan masih pada angka 61.24% dengan kategori yang rendah. Namun, setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran google site, kegiatan pembelajaranpun mengalami perubahan yang cukup signifikan peningkatannya, dimana motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran naik menjadi skor rata-rata sebesar 78% atau dalam kategori Tinggi.  Efektivitas media pembelajran google sites dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di SDN Hargomulyo I Gunung Kidul menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia antara sebelum menggunakan media pembelajaran google sites dengan sesudah menggunakan media pembelajaran google sites   di SDN Hargomulyo I Gunung Kidul. Perbedaan hasil yang dimaksud adalah peningkatan hasil pembelajaran. Hal ini terlihat dengan pengujian pengembangan media pembelajaran google sites dalam pembelajaran Bahasa di SDN Hargomulyo I Gunung Kidul pada 28 siswa. Pada tahap ini, peneliti melakukan penyebaran instrumen post test pada siswa. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data terkait dengan nilai efektifitas penggunaan media pembelajaran google sites.


Keywords


Pengembangan, Media Pembelajaran Google Sites, Motivasi Siswa

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama, 2012.

Aini, Yulia Isratul. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Bengkulu.” junal Pendidikan 2, no. 25 (2019): 1–6.

Anatasya, Dhea, Felty Wila Yanti, Rahma Mellenia, Refa Angreska, Suryani Putri, Eko Kuntarto, dan Silvina Noviyanti. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar,” 2018.

Anshori, Dadang. S, dan Sumiyadi. Bahasa dan Sastra dalam Perspektif Pendidikan. Bandung: Jurusan Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FPBS UPI, 2009.

Arifian, Florianus Dus. “Pendekatan PAIKEM sebagai Solusi atas Permasalahan Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 9, no. Nomor 2, Juni 2017 (2017): 171–90.

Daniela. “The Relationship Between Self-Regulation, Motivation And Performance At Secondary School Students.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (2015): 2549 – 2553.

Dewi, Tiara Kusnia, dan Rina Yuliana. “Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 9, no. No. 1, Desember 2018 (2018). https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2804.

Fitri, Agus Zaenul, dan Nik Haryanti. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media, 2020.

Hadi, Saptono. “Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah.” JURNAL PENDIDIKAN: Riset dan Konseptual, Vol. 3, no. No. 1, Januari 2019 (2019).

Harsanto, Budi. Inovasi Pembelajaran di Era Digital Menggunakaan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: UNPAD Press, 2014.

Haryanti, N., T. Putra, dan S. Putrianingsih. “Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran ….” Jurnal Pendidikan … 10, no. 3 (2022): 1057–72. https://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/610%0Ahttps://www.journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/download/610/378.

Jiménez, J.E., A. Gove, L. Crouch, dan C. Rodríguez. “Internal structure and standardized scores of the spanish adaptation of the EGRA (Early Grade Reading Assessment) for early reading assessment.” Psicothema, 2014. https://doi.org/10.7334/psicothema2014.93.

Lestari, Ni Putu Parastuti, I Made Ardana, dan I Putu Pasek Suryawan. “Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi.” Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya 16, no. 1 (2022): 40–51.

Moleong, Lexy J. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Nur, Anifa Alfia. “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD.” Jurnal Administrasi Pendidikan, 2014.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018): 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.

OECD. “PISA 2018 Results Combined Executive Summaries.” PISA 2009 at a Glance, 2019.

Pratama, Fajar Sukma. “Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website.” Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 4, no. No. 2, Agustus 2021 (2021): 182–88. https://doi.org/10.30998/diskursus.v4i2.9723.

Pubian, Yushtika Muliana, dan Herpratiwi. “Using The Google Site Media In Learning To Increase The Effectiveness Of Learning Participants Education Elementary School.” Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 11, no. No. 01 (2022) (2022).

Rahardi, R. Kunjana. Bahasa Prevoir Budaya. Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2009.

Resmini, Novi. “Prinsip Dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Journal Universitas Pendidikan Indonesia, 2014.

Salsabila, Fadillah, dan Aslam. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol. 4, no. No. 4 Tahun 2022 (2022): Halaman6088-6096.

Schwab, Klaus. The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum: Germany, 2017.

Situmorang, Mega M. “Pengaruh Penerapan Media Animasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Koneks Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Medan.” Unimed, 2021.

Soim, Soim, Nik Haryanti, Ali Mufron, dan Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana. “The Influence of Teacher Motivation and Skills on Performance through Leadership Intervening Variables.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 6, no. 2 (2022): 71. https://doi.org/10.35723/ajie.v6i2.298.

Sugiyono. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sukmanasa, Elly, Tustiyana Windiyani, dan Lina Novita. “Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 2 (2017). https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138.

Widoyoko, S.E.P., dan Anita Rinawati. “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendidikan XXXI, no. 2 (2012).

Zimmerman, Barry J. Connecting self-regulated learning and performance with instruction across high school content areas. Diedit oleh Maria K. DiBenedetto. Connecting Self-regulated Learning and Performance with Instruction Across High School Content Areas. New York: Springer International Publishing, 2018. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90928-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.