Pengelolaan Kurikulum Muatan Lokal di Sekolah Dasar Negeri 037 Desa Mekarsari Riau dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan Kurikulum muatan local di Sekolah Dasar Negeri 037 Desa Mekarsari Riau. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul secara keseluruhan, maka langkah selanjutnya adalah proses analisis data. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa Pengelolaan kurikulum muatan lokal di Sekolah Dasar Negeri 037 Desa Mekarsari Riau dilakukan dengan proses: (1) perencanaan kurikulum muatan lokal. (2) pengorganisasian kurikulum muatan lokal. (3) pelaksanaan kurikulum muatan lokal, membahas bagaimana muatan lokal diterapkan hingga proses pembelajaran kurikulum muatan lokal berlangsung. (4) evaluasi pelaksanaan kurikulum muatan lokal. Penelitian ini mengungkapkan bahwa manajemen kurikulum muatan lokal yang dilakukan oleh Sekolah Dasar Negeri 037 Desa Mekarsari Riau berjalan dengan cukup baik dan lancar, serta sesuai dengan beberapa aturan dan prinsip yang telah ditentukan oleh pemerintah dalam upaya membimbing satuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dakir. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2009.
Hamalik, O. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2005.
Malian, Sobirin. Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta : UII Press. 2005.
Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian guru dan Kepala Sekolah, Jakarta : PT Bumi Aksara. 2009.
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2002.
Nurdin, S., & Usman, M. B. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press. 2003.
Rusman. Manajemen Kurikulum, Bandung : PT Raja Graindo, Bandung. 2009.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2011.
Subandijah. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 1996.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta. 2014.
Supardi. Metodologi Penelitian Ekonomi & Bisnis, Yogyakarta : UII Press. 2005.
Tim Redaksi Ma‟arif Press. Kompilasi Kebijakan Pendidikan Nasional. Semarang: PW LP NU Jawa Tengah. 2006.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.