Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 3 dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika SD

Adellisa Herawati, Kunti Dian Ayu Afiani, Lilik Binti Mirnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berfikir kreatif siswa kelas 3 dalam menyelesaikan masalah soal cerita pada pembelajaran Matematika SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa yang kemudian diambil sampel sebanyak 3 siswa yang tergolong hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh peneliti bahwa subjek N dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan 3 indikator kemampuan berpikir kreatif, subjek dengan kategori tinggi mampu memahami masalah yang terdapat pada soal dan mampu menyelesaikan soal dengan lancar dan benar. Subjek kategori K sedang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran dan keluwesan. Kesulitan yang dihadapi pada subjek kategori sedang yaitu tidak mampu memahami masalah yang terdapat soal dan sulit dipahami. Subjek A kategori rendah hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu keluwesan. Ketiga subjek kelancaran, kerincian, tidak mampu ia selesaikan dengan baik.


Keywords


Kemampuan Berfikir Kreatif, Menyelesaikan Soal, Matematika

Full Text:

PDF

References


Afiani, Kunti Dian Ayu, dan Deni Adi Putra. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas III SD melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 1 (26 Oktober 2017). http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i1.868.

Anastasya, Visca Elya, Ristiyani Ristiyani, dan Nur Fajrie. “Permainan Ludo sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.” WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (29 Mei 2021): 9–14. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5018.

Gemilang, Muhammad Fajar, Lilik Binti Mirnawati, dan Fajar Setiawan. “Keefektifan Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas III Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya.” J-SES : Journal of Science, Education and Studies 1, no. 1 (30 Agustus 2022). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/J-SES/article/view/14874.

Hidayah, Noer Cahyani, Himmatul Ulya, dan Siti Masfuah. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematis.” Jurnal Educatio 7, no. 4 (2021). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1366.

Hidayat, Wahyu, Koentri Jayanti, Ilfa Febriana Nurismadanti, Muhammad Zulfikar Ikhsanuddin Akbar, Kholifia Ayuning Pertiwi, dan Pusparini Rengganis. “Pembelajaran RME (Realistic Matematics Education) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik pada Siswa SMP.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 2, no. 1 (30 Januari 2019): 41. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p41-50.

Jagom, Yohanes Ovaritus, Irmina Veronika Uskono, Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng, dan Meryani Lakapu. “Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (22 Maret 2021): 682–91. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.308.

Kamalia, Nur, dan Redo Ruli. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar.” Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) 8 (30 September 2022): 117–32. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609.

Khoridah, Faizatul, Dwi Prasetiyawati, dan Sunan Baedowi. “Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan.” Journal for Lesson and Learning Studies 2, no. 3 (2019): 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899.

Kurniawaty, Nindhy Elleshe, Sri Utaminingsih, dan Sumaji Sumaji. “Efektifitas Penerapan LKS dengan Pendekatan Open Ended untuk Pembelajaran Penguasaan Konsep Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar 11, no. 1 (31 Maret 2023). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72263.

Laksono, Diki, dan Kiki Nia Sania Effendi. “Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri di Kabupaten Karawang pada Materi Bangun Datar.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4, no. 3 (2021). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.507-516.

Maya, Fany Afriliany, Ika Kartika Sari, dan Luvy Sylviana Zanthy. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK pada Materi Spldv.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 2, no. 4 (26 Juni 2019): 167–76. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p167-176.

Mirnawati, Lilik Binti, Wardatul ‘ Izzah, dan Fitri Hamidah. “Proses Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Narasi di SD.” Proceeding Umsurabaya, no. 0 (12 Mei 2020). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4832.

Novianti, Desi, dan Wahyu Hidayat. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 3, no. 6 (12 November 2020): 595–604. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%p.

Rohayu, Deni Adi Putra, dan Kunti Dian Ayu Afiani. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 1 (31 Maret 2021): 30–46. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2623.

Sari, Shinta Puspita, Uus Manzilatusifa, dan Sungging Handoko. “Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 31 Desember 2019, 119–31.

Sartika, Sartika, dan Mira Octafianti. “Pemanfaatan Kahoot untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Journal on Education 1, no. 3 (15 April 2019): 373–85. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.177.

Silaban, Elfaria. “Hubungan Empati dan Motivasi Belajar dengan Interaksi Sosial pada Siswa SMP Methodist 1 Medan,” 14 Januari 2020. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/17415.

Siregar, Mira Yosefa. “Memberikan Pendidikan Pentingnya Ilmu Komputer dan Manajemen, Semangat Anti Narkoba dan Berprestasi Siswa di Masa Pandemi untuk Masa Depan yang Gemilang di SMAN 2 Medan.” Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 2 (24 Agustus 2022): 72–77. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v3i2.2894.

Turmuzi, Muhammad, dan Eka Kurniawan. “Kemampuan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) pada Mata Kuliah Micro Teaching.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 3 (7 Agustus 2021): 2484–98. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.881.

Ulandari, Nelpita, Rahmi Putri, Febria Ningsih, dan Aan Putra. “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (10 Agustus 2019): 227–37. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.

Widiyanto, Joko, dan Tri Nova Hasti Yunianta. “Pengembangan Board Game Titungan untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 10, no. 3 (30 September 2021): 425–36. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.997.

Wulandari, Julia Ayu, dan Tatag Yuli Eko Siswono. “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Konteks Covid-19.” Jurnal Tadris Matematika 4, no. 1 (2 Juni 2021): 15–30. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.15-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.