Implementasi Metode Tahsin dan Talqin dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Kelas 2B di Sekolah Dasar Karawang

Mariana Nur Endah Lestari, Danang Dwi Basuki

Abstract


Kegiatan hafalan al-qur’an harus dipelajari oleh peserta didik khususnya dalam hal membaca, menghafal al-Qur’an, dan mempelajari makna-makna yang terkadung dalam Al-Qur’an, karena hukum mempelajari Al-Qur’an merupakan hal yang wajib dimulai dari anak-anak hingga dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hafalan peserta didik yang menggunakan metode pengajaran talqin dan tahsin dalam pembelajaran hafalan al-qur’an kelas 2B pada salah satu SD di Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya berdasarkan fakta-fakta yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dan peneliti pun ikut dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an. Subjek yang digunakan dalam wawancara ini yaitu guru tahfidz kelas 2B dan juga peserta didik kelas 2B untuk mengetahui secara detail dan jelas mengenai pengalaman-pengalaman responden tentang rumusan masalah. Hasil temuan yaitu penerapan implementasi metode talqin dan tahsin pada pembelajaran tahfidz al-qur’an, faktor pendukung dan juga faktor penghambat dalam proses pembelajaran tahfidz al-qur’an.

Keywords


Metode tahsin, Metode Talqin, Peningkatan Hafalan Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Agustina, Meirani, Ngadri Yusro, dan Syaiful Bahri. “Strategi Peningkatan Minat Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmah Curup.” Didaktika : Jurnal Kependidikan 14, no. 1 (4 September 2020): 1–17. https://doi.org/10.30863/didaktika.v14i1.749.

Arsyad, Muhammad, dan Sandy Aulia Rahman. “Implementasi Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di MI Darul Falah.” Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya 1, no. 3 (25 Juni 2022): 36–43. https://doi.org/10.35931/alfurqan.v1i3.4.

Luthfi, Alqori, dan Rahmi Wiza. “Implementasi Metode Talqin dalam Program Tahfidz AlQur’an di Sekolah Menengah Pertama 31 Padang | ISLAMIKA.” ISLAMIKA: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (23 September 2022). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/2067.

Rais, Muhammad Amin. Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Palangkaraya. Palangka Raya: IAIN Palangkaraya, 2021.

Rifa’i, Ahmad. “Implementasi Metode UMMI untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an di SDIT Ihsanul Amal Alabio.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 2 (5 Oktober 2018). https://doi.org/10.35931/am.v0i0.27.

Rizalludin, Azis. “Implementasi Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an.” Khazanah Pendidikan Islam 1, no. 1 (31 Desember 2019): 33–37. https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138.

Tambusai, Julhijni, Muhizar Muchtar, dan Satria Wiguna. “Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VIII MTS AL-Ikhwan Kecamatan Padang Tualang Langkat.” Journal of Student Research 1, no. 1 (25 Januari 2023): 340–49. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1035.

Thaib, Zamakhsyari Bin Hasballah, dan Siti Ramlah. “Strategi Guru dalam Membangun Minat Menghafal Al-Qur’an Siswa di SMP IT Al-Munadi Medan.” SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan 6, no. 2 (12 Oktober 2021): 11–18.

Yulinda, Okta, dan Sitti Rahmaniar Abubakar. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Iqro’.” Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 3, no. 1 (20 Agustus 2020): 62–70. https://doi.org/10.36709/jrga.v3i1.13649.

Zuchri, Abdussamad. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: CV.Syakir Media Press, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.