Penggunaan Media Pembelajaran Autoplay untuk Menunjang Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Syariful Anam, Lilla Septiliana

Abstract


Kurikulum memegang peran yang paling penting dalam pelaksanaan program pendidikan. Jika kurikulum dirancang dengan kurang tepat, siswa akan kesulitan mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Dari problem tersebut, penting bagi kurikulum untuk bersifat dinamis dan dapat beradaptasi sesuai dengan perkembangan teknologi dan zaman. Penulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran yang jelas tentang pembelajaran berbasis mandiri dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), salah satunya melalui penggunaan media pembelajaran autoplay di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui penelitian kepustakaan. Dengan menggunakan media pembelajaran autoplay, guru dapat memperoleh wawasan mengenai bagaimana yang akan diajarkan dan metode untuk mengajarkan kepada siswa agar mencapai tujuan pembelajaran mandiri yang diinginkan. Proses media pembelajaran autoplay ini menekankan pembelajaran yang berarti dan menarik bagi siswa, serta membantu guru dalam mengembangkan kompetensi dalam konteks pembelajaran mandiri, seperti kompetensi digital yang berkualitas tinggi dalam informasi, komunikasi, pembuatan konten editorial, keamanan, dan penyelesaian masalah pendidikan.


Keywords


Kurikulum, Siswa, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Afrida, Zunia. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis AutoPlay Media Studio Materi Garis dan Sudut Siswa Kelas VII MTs,” 2017.

Erisa, Firza. Sirajul Munir. dkk. Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Autoplay dalam Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Dasar, Pekerti Untuk, and Sekolah Dasar 7. (2021).

https://naikpangkat.com/page/2/?s=kompetensi+guru%2C+digital+berkualitas

I., H. M. Afifah. & Sopiany. Inovasi Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013 Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi 87 1, No.2 (2017).

Kustandi, Cecep. dan Dr Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media, 2020.

Prayitno. Wendhie. Penerapan Blended Learning dalam Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) bagi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PTK). Yogyakarta: LPMP DI Yogyakarta. (2015).

Putri, Dian Puspita Eka. Djumanto. and Suti Mayanti. ‘Review: Integrasi Media Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Lingkungan Siswa SMK’, EDUGAMA: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan 8 No.1 (2022).

Rahmadayanti, Dewi. and Agung Hartoyo. ‘Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar’, Jurnal Basicedu 6, No.4, (2022).

Rosyida, Fatiya. Khofifatu Rohmah Adi. ‘Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Program Autoplay untuk Guru SMPN 2 Balen Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial 1.1 (2018).

Utari, Dwi. Akhmad Muadin. ‘Peranan Pembelajaran Abad-21 di Sekolah Dasar dalam Mencapai Target dan Tujuan Kurikulum Merdeka’. 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.