Konsep Etika Antara Guru dan Murid dalam Upaya Meningkatkan Etis Religius Manajemen Pendidikan Islam Telaah atas Pemikiran Al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari

Fringgi Pranata, Sukarno Sukarno, Kasful Anwar

Abstract


Dalam hemat penulis, al-Zarnuji dan Hasyim Asy’ari mencurahkan gagasannya mengenai konsep etika guru dan murid sama-sama melandasi ajaran dengan penekanan religious ethics, yakni penekanan proses pencarian ilmu senantiasa mengacu pada etika dan senantiasa memperhatikan asas kemanfaatan yang dapat dihasilkan apabila etika guru dan murid dapat dilaksanakan dengan baik dan benar. Dalam kajian ini, penulis mengelaborasi pemikiran kedua tokoh di atas untuk mengetahui sejauh mana etika guru dan murid. Begitu pula bagaimana pengaruhnya terhadap pola Pendidikan kekinian, jika konsep tersebut diaplikasikan. Metode yang penulis gunakan dalam kajian ini adalah Jenis penelitian library research. Peneliti menggunakan data-data kualitatif berupa kepustakaan di antaranya adalah data mengenai pendekatan etis religius dalam Pendidikan Islam berbasis perspektif al-Zarnuji dalam kitab Ata’lim wal Muta’alim dan Hasyim Asy’ari Adabu al’alim wal muta’allim sebagai objek penelitian.


Keywords


Etis Religious, Al-Zarnuji, Hasyim Asy’ari

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Pemikiran Para Tokoh Keguruan Islam, Jakarta: Grafindo Persada Pers, 2001.

Ahmad, Muhammad Abdul Qodir. Ta’lim Muta’alim Tariq al-Ta’lim. Kairo: Maktab al-Nahdlah al-Mishriyah, 1986.

Al-Zarnuji. Ta’lim Muta’alim al-Tariq al-Ta’allum. Semarang: Pustaka Alawiyah, tt.

Anam, Chairil. Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlotul Ulama. Solo: Jatayu, 1985

Dlofier, Zamahsari. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3S, 1986.

Hasyim Asy’ari, Adab al-‘Alim wa Muta’alim, Jombang: Maktabah al-Turasts, tt.

Ma’shum, Saefullah. Menapak Jejak Mengenal Watak Sekilas Biografi 26 Tokoh Nahdlotul Ulama. Jakarta: Yayasan Saifuddin Zuhri, 1994.

Murtadlo, Muqaddas. Kemuhammadiyahan. Surabaya: al-Ikhsan, 1982.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam, Terj. Ibrahim Husaini, Jakarta: Bulan Bitang, 1979.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya, 1995.

Undang-undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasanya, Jakarta: CV. Eko Jaya, 2003

Yatim, Badri. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Zuhairini, Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.