Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Simulasi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah Ibtidaiyah

Misbahul Jannah, Ani Cahyadi

Abstract


Mayoritas guru menggunakan metode yang monoton dan tradisional seperti metode ceramah dan penugasan mengerjakan LKS, sangat jarang dijumpai seorang guru yang sedang mengajar pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak melalui model simulasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Yaitu wawancara dengan guru mata pelajaran akidah akhlak dan mengobservasi proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah pertama pada bagian penggunaan model simulasi pada mata pelajaran akidah akhlak Madrasah Ibtidaiyah guru menggunakan model pembelajaran yang beravriatif, tidak hanya menggunakan model ceramah dan tanya jawab saja.. Mengenai langkah-langkah dalam penggunaan model simulasi itu ada dua tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Kedua pada bagian keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah sudah terkondisikan, dan yang ketiga yaitu tentang peran guru dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak  melalui model simulasi itu ada 4 peran yang dilakukan guru diantaranya adalah menjelaskan, mewasiti, melatih dan mendiskusikan.


Keywords


Model Simulasi, Keaktifan Belajar, Akidah Akhlak, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Afuah, Dara, and Hery Kresnadi. n.d. “Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Metode Eksprimen di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4 (7).

Aziz, Abdul. “Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kesadaran dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa di Madrasah Aliyah.” PhD Thesis, UNS (Sebelas Maret University). 2014.

Banna, Andi. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Jurnal Ilmiah Islamic Resources 16 no.1 (2019).

Ekoanindiyo, Firman Ardiansyah. “Pemodelan Sistem Antrian dengan Menggunakan Simulasi.” Dinamika Teknik Industri. 2011.

Hidayat, Ariep, Maemunah Sa’diyah, and Santi Lisnawati. “Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9 no. 01 (2020): 71–86.

Lina, Yuliana. 2021. “Kompetensi Profesional Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Kartika Ii-26 Bandar Lampung.” PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Masruroh, Avivatin. “Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Mata Pelajaran PAI di SMAN I Purwoasri Tahun Ajaran 2016/2017.” PhD Thesis, IAIN Kediri. 2017.

Pardede, Akim Manaor Hara. “Simulasi Antrian Pelayanan Nasabah Bank Menggunakan Metode Hyperexponential.” Journal Information System Development (ISD) 3 no.1 (2018).

Pratama, Ade. “Model Simulasi Antrian dengan Metode Kolmogorov-Smirnov Normal pada Unit Pelayanan.” Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika 3 no.1 (2017): 27–37.

Puspitasari, Etik Putri. “Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dalam Menumbuhkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Kelas 4 di MIN 5 Pacitan Tahun Pelajaran 2020-2021.” PhD Thesis, Iain Ponorogo. 2021.

Rahmawati, Endah Dwi. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi pada Siswa Kelas x 3 Sma Negeri Colomadu Tahun Pelajaran 2011/2012.” SOSIALITAS; Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant 2 no.1 (2012).

Riduan, Riduan, and Samidjo Samidjo. “Pengaruh Motivasi dan Keaktifan Belajar dalam Kelas Terhadap Prestasi Belajar Penggunaan Alat Ukur.” Jurnal Taman Vokasi 4 no.2 (2016.): 218–23.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17 no.33 (2019): 81–95.

Solikhin, Badrus. “Dampak Bullying Terhadap Kondisi Perkembangan Emosi Remaja di Desa Kapuran Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.” PhD Thesis, IAIN Ponorogo. 2021.

Sunhaji, H. “Implementasi Strategi Cooperative Learning dalam Membentuk Ketrampilan Berfikir Peserta Didik di Madrasah Aliyah Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas.” 2016

Usman, Jamiludin. “Urgensi Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 11 no.2 (2016): 219–46.

Wahidah, Zakiyah. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari III Malang.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 2008.

Yo, Riyan Rosal. “Penerapan Model Pembelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Sekolah Dasar.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 2 no.1 (2016): 96–108.

Zakiyah, Robiatus. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Program Kesetaraan Kejar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mubarok Desa Tegalrejo Kecamatan Tegalsari Kabupaten Banyuwangi.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 2015.

Zein, Muh. “Peran Guru dalam Pengembangan Pembelajaran.” Jurnal Inspiratif Pendidikan 5 no.2 (2016): 274–85.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.