Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Gaya Dan Gerak Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation, Number Heads Together Dan Scramble Pada Kelas IV di SD Negeri Melayu Martapura

Muhammad Zaini Yusri

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada muatan IPA materi gaya dan gerak akibat proses pembelajaran yang kurang efektif serta kondisi lingkungan yang ribut. inovasi yang dilakukan ialah menggunakan kombinasi model Group Investigation, Numbered Heads Together dan Scramble. Peneliti memakai pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian diselenggarakan di SDN Melayu Martapura Kelas IV Tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini memakai teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru terlaksana dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa terjadi peningkatan keaktifan dengan kriteria sangat aktif, serta ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 95% disiklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Melayu Martapura, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran memperoleh kategori sangat baik, aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran memperoleh kategori sangat aktif serta Penggunaan kombinasi model pembelajaran Group Investigation, Numbered Heads Together dan Sramble dapat mencapai ketuntasan hasil belajar yang diinginkan.


Keywords


Hasil Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together, Scramble

Full Text:

PDF

References


Hamalik. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.

Huda, M. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Krisno, Agus. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press, t.t.

Mulyasa. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Octavia, Shilphy A. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Prater, Mary Anne. Teaching Students with High-Incidence Disabilities. United. Kingdom: SAGE Publications, 2016.

Rahayu, Kurnia. TPS-TEGA: Penerapannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.

Shoimin. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2016.

Suhartono, dan Anik Indramawan. Group Investigation: Konsep dan Implementasi dalam Pembelajaran. Lamongan: Academia Publication, 2021.

Susanto, A. Teori-Teori Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.