Komunikasi Kepala Madrasah pada Orang Tua Santri dalam Menjaga Kesehatan Diri Selama Pandemi Covid - 19

Rizali Norhadi, Roniansyah Roniansyah, Putra Qomaluddin Attar Nuriqli, Marhaeni Fajar Kurniawati

Abstract


Sejak pandemi covid-19 mulai menyebar pada bulan maret tahun 2020, serangkaian agenda penanggulangan pandemi dilakukan oleh banyak pihak, tak terkecuali lembaga pendidikan. Tidak hanya tentang covid-19, sudah lama lembaga pendidikan juga berperan penting dalam mensukseskan program imunisasi nasional, atau sekarang dikenal dengan istilah BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional). Penelitian ini berupaya menggali hasil tentang bagaimana komunikasi pimpinan Madrasah Aliyah Nurul Khair Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan pada orang tua santri dalam meningkatkan kesadaran santri untuk menjaga kesehatannya sendiri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif, Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini orang tua santri, penjaga asrama santri, guru dan beberapa orang santri. Hasil penelitian ini adalah Pimpinan Madrasah Aliyah Nurul Khair dalam mengkomunikasikan arti pentingnya menjaga kesehatan pada orang tua santri menggunakan beberapa pendekatan komunikasi, yaitu komunikasi persuasif, komunikasi kelompok dan komunikasi antar kelompok. Adapun cara dan media yang digunakan yakni; mengadakan sosialisasi bersama tenaga kesehatan, melaksanakan rapat dengar pendapat dengan orang tua santri, memberikan surat edaran tentang protokol kesehatan selama pandemi dan dampaknya, dan terakhir mengadakan vaksinasi covid-19. Saran dalam penelitian ini yaitu agar segera dibentuk tim evaluasi tahunan oleh pihak Aliyah dalam mengevaluasi dampak dari komunikasi yang telah dibangun oleh Pimpinan, agar tercapai tujuan dari kesehatan jiwa dan raga santri.



Keywords


Komunikasi, Kesehatan, Madrasah

Full Text:

PDF

References


Basrowi and Suwandi. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Cangara, Hafied. Perencanaan & Strategi Komunikasi (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Endrawati, Endah. “Penerapan Komunikasi Kesehatan untuk Pencegahan Penyakit Leptospirosispada Masyarakat Desa Sumberagung, Kecamatan Moyudan, Sleman, Yogyakarta.” Jurnal Komunikasi 7, no. 1 (December 29, 2016).

Ewles, Linda, and Simnett Ina. Promosi Kesehatan Petunjuk Praktis (Terjemahan Edisi 2). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1994.

Faizah, Faizah, Ulifa Rahma, Yuliezar Perwira Dara, and Candra Laksmana Gunawan. “School Well-Being Siswa Sekolah Dasar dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Pengguna Sistem Full-Day School di Indonesia.” Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling 5, no. 1 (March 30, 2020).

Graeff, Judith A, John P. Elder, and Elizabeth Mills Booth. Komunikasi untuk Kesehatan dan Perubahan Perilaku (Terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996.

Kasimbara, Rachma Putri. “Layanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri Pagetan 5 Singosari Kabupaten Malang.” Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti 7, no. 2 (2019).

Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi (Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran). Jakarta: Prenada Media, 2014.

Machfoedz, Ircham, and Eko Suryani. Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Fitramaya, 2003.

Mansa, Gideon, Ruth Faidiban, and Alva Cherry Mustamu. “Efektifitas Media Audiovisual dalam Meningkatkan Kepatuhan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (March 28, 2022).

Mawarni, Elita Endah. “Edukasi Gizi ”Pentingnya Sarapan Sehat bagi Anak Sekolah”.” Warta Pengabdian 11, no. 4 (March 15, 2018).

Milles and Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Murniati, Nia, and Wafiqa Salsanabilla. “Kepatuhan Petugas dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 Di RS XYZ.” Jurnal Vokasi Indonesia 9, no. 2 (November 15, 2021).

Nugroho, Kristiawan Prasetyo Agung, and Septiana Dian Anggraheni. “Persepsi Anak Usia Sekolah Terhadap Kesehatan Diri dan Upaya PHBS Di Kabupaten Boyolali.” Media Ilmu Kesehatan 6, no. 3 (2017).

Pabottinggi, Mochtar. Komunikasi Politik dan Transformasi Ilmu Politik dalam Indonesia dan Komunikasi Politik, Maswadi Rauf dan Mappa Nasrun (Eds). Jakarta: Gramedia, 1993.

Setyabudi, Ratih Gayatri, and Mutia Dewi. “Analisis Strategi Promosi Kesehatan dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Hidup Sehat oleh Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. RM. Soedjarwadi Provinsi Jawa Tengah.” Jurnal Komunikasi 12, no. 1 (2017).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Elfabeta, 2007.

Supriyani, Teni, and Neni Ambar Alawiyah. “Sekolah Sehat sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Usia Sekolah di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2017.” Jurnal Abdimas Kesehatan Tasikmalaya 1, no. 1 (May 8, 2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.