Kelayakan Media Komik 3D Berbasis Quick Response Code pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas V SDN Ngegong

Yola Fernanda Aditya, Pinkan Amita Tri Pasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan pengembangan media komik 3D berbasis quick response code pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V SDN Ngegong. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini melibatkan guru dan siswa kelas V SDN Ngegong berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain : teknik validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, kuesioner respon siswa, dan respon guru. Produk yang dikembangkan adalah media komik 3D berbasis yang quick response code yang berisi penjelasan mengenai materi volume kubus dan balok. Validasi dari ahli media memperoleh presentase sebesar 93%, validasi ahli materi mendapatkan presentase 84%, validasi ahli bahasa mendapatkan presentase 72%, respon guru memperoleh presentase 85%, dan respon siswa memperoleh sebesar 90,8%. Produk komik yang dikembangkan dapat dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan hasil validasi “sangat layak”.


Keywords


Komik 3D Berbasis Quick Response Code, Volume Kubus, Balok

Full Text:

PDF

References


Anjani, Rini. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik dengan Menggunakan Software 3D Page Flip Materi Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X SMA Negeri 1 Muaro Jambi.” Jurnal Pengembangan Media, 15 Agustus 2019. https://repository.unja.ac.id/8955/.

Arina, Dina, Endang Sri Mujiwati, dan Ita Kurnia. “Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 2 (2 Oktober 2020). https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615.

Cahya, Tita Ragil Tri Wahyuning, Pinkan Amita Tri Prasasti, dan Naniek Kusumawati. “Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis STEM dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Sains di Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 9 (2022): 3469–74. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.870.

Farah, Rizky Amelia, dan Budiyono. “Pembelajaran Matematika Materi Geometri di SD Al Hikmah Surabaya.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 3 (2018). https://ejournal.unesa.ac.id.

Fiksl, Majda, Andrej Flogie, dan Boris Abersek. “Innovative teaching/ learning methods to improve science, technology and Engineering classroom climate and interest.” Journal of Baltic Science Education 16, no. 6 (15 Desember 2017). https://doi.org/10.33225/jbse/17.16.1009.

Hasan, Buaddin. “Kesulitan Siswa Dan Scaffolding dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang.” Numeracy 7, no. 1 (30 April 2020). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.998.

Indaryati, Indaryati, dan Jailani Jailani. “Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V.” Jurnal Prima Edukasia 3, no. 1 (2015): 84–96. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4067.

Irawati, Titis Dwi, Maya Kartika Sari, dan Ivayuni Listiani. “Peningkatan Minat Baca dalam Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Media Komik Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Kelas 2.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3, no. 0 (25 Agustus 2022). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2761.

Kalolo, John Fungulupembe. “Improving the Quality Of Science Education in Tanzania Junior Secondary Schools: The Stakeholders’ Perspectives, Issues, and Promising Practices.” Victoria University of Wellington, 2014.

Khasanah, Q, Pinkan Amita, Tri Prasasti, dan Naniek Kusumawati. “Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2022): 9–15. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690.

Khasanah, Qurul, Pinkan Amita Tri Prasasti, dan Naniek Kusumawati. “Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK dalam Memberdayakan Literasi Sains pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango.” BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 4, no. 2 (1 Desember 2022). https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.690.

Kristianto, Dwi, dan Theresia Sri Rahayu. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 2 (5 Agustus 2020). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.553.

Listiani, Ivayuni. “Efektivitas Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) disertai dengan Mind Map (MM) untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 5, no. 01 (15 November 2016). https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.328.

Manggala, Agung Duta, Pinkan Amita Tri Prasasti, dan Retno Palupi. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Software Appy Pie untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD/MI.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (20 Mei 2023): 815–32. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7551.

Mashuri, Delila Khoiriyah, dan Budiyono. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V.” JPGSD 08, no. 05 (2020).

Rosari, Veronika. “Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP.” Skripsi, Sanata Dharma University, 2021. https://repository.usd.ac.id/41589/.

S, Bagus Prasetyo, dan Universitas Pgri Madiun. “Kelayakan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Materi IPA Daur Air Kelas V SD” 3 (2022): 763–70.

Sholeh, Muhammad, Rr Yuliana Rachmawati, dan Erma Susanti. “Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk UKM.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4, no. 1 (2 November 2020): 430–36. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2983.

Sukmawan, Bagus Prasetyo, Ivayuni Listiani, dan Maya Kartikasari. “Kelayakan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi IPA Daur Air Kelas V SD.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 3, no. 0 (25 Agustus 2022). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3066.

Susanti, Erma, Catur Iswahyudi, Tri Romadhani, Sri Wahyuningsih, dan Fikar Tri Putra. “Pemanfaatan Teknologi Quick Response ( Qr ) Code pada Sistem Manajemen Studi Ekskursi.” Simposium Nasional RAPI XVII, 2018.

Syar, Nur Inayah. “The Analysis of Logical Operation Ability 0f Senior High School Students on Physics Subject At Formal Operational Phase.” Jurnal Pedagogi 07, no. 02 (2020).

Wicaksono, Anggit Grahito, Jumanto Jumanto, dan Oka Irmade. “Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 10, no. 2 (1 Desember 2020). https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Wicaksono, Anggit Grahito, dan Universitas Slamet Riyadi. “Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar” 10, no. December (2020): 215–26. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.