Menumbuhkan Kreativitas Melalui Pementasan Tembang Dolanan Anak pada Mahasiswa PGMI STAI Yogyakarta

Suratiningsih Suratiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas mahasiswa melalui pementasan tembang dolanan anak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGMI semester VI Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta. Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi. Lembar observasi terdiri dari tiga aspek yaitu keterlibatan aktif, kreatif dan kebersamaan. Setelah data diperoleh maka, dilakukan analisis data dari siklus pertama sampai dengan siklus ketiga. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tersebut dapat menumbuhkan kreativitas  mahasiswa. Hal tersebut dapat dibuktikan dari analisis data yang diperoleh dari siklus pertama sampai dengan siklus ketiga. Siklus pertama menunjukkan keterlibatan aktif  sebesar 75%, kreatifitas 50%, dan kebersamaan 37,5%. Pada siklus kedua menunjukkan keterlibatan aktif sebesar 87,7%, kreativitas 75% dan kebersamaan 62,5%. Pada siklus ketiga menunjukkan keterlibatan aktif sebesar 100%, kreativitas sebesar 87,5% dan kebersamaan sebesar 100%.


Keywords


Tembang Dolanan Anak, Kreativitas, Kreatif

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya, 2011.

Dananjaya, Utomo. Media Pembelajaran aktif. Bandung: Nusa, 2012.

Dewi, Sintia. “Nilai Didaktis pada Tembang Dolanan Anak Berbahasa Jawa di Desa Banyumas Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat,” 2018.

Endraswara. Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Laksbang Presindo, 2005.

Herawati, Niken Enis. “Nilai-Nilai Karakter yang Terkandung dalam Dolanan Anak pada Festival Dolanan Anak se DIY.” Jurnal Penelitian, 2014.

Kurniawan, Heru. Sekolah Kreatif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2016.

Rohidi. Metodologi Penelitian. Semarang: Cipta Prima Nusantara, 2011.

Saputra, Tedja. Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO), 2001.

Simatupang, Lono. Pergelaran Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya. Yogyakarta: Jalasutra, 2013.

Sujarna. Pemanfaatan Permainan Tradisional dalam Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), 2011.

Suyadi. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.