Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah

Munawir Munawir, Difa Rif’ah Auliya, Shara Syarifatus Shufiyah

Abstract


Kurikulum merdeka memberi warna baru bagi dunia pendidikan di indonesia, kurikulum merdeka memiliki inovasi yang mana mementingkan minat serta bakat yang dimiliki peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka ini menjadi sebuah konflik baru, meskipun kurikulum ini baik untuk digunakan tetapi, bagi warga sekolah butuh penyesuaian untuk menggunakan kurikulum ini. Bukan hanya diterapkan bagi mata pelajaran umum tetapi kurikulum juga diimplementasikan pada mata pelajaran agama. Pelajaran agama islam menjadi salah satu mata pelajaran yang juga boleh menggunakan kurikulum merdeka tetapi hal ini, bisa melihat dari apa yang dibutuhkan sekolah dan melihat dari karakteristik peserta didik dalam menerapkan kurikulum tersebut, Maka, dalam hal ini peneliti mengumpulkan kajian- kajian kepenulisan dari berbagai sumber ilmiah melalui buku dan jurnal terdahulu dengan kata lain peneliti menggunakan metode studi pustaka untuk memecahkan serta menganalisis penerapan kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran agama islam. Dalam hal ini peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa kurikulum merdeka memiliki kelebihan serta kelemahan untuk diterapkan pada mata pelajaran agama islam.


Keywords


Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam Anam, dan Fitri Hariwahyuni. “Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah ( Mi ).” Journal of Creative Student Research (JCSR) 1, no. 1 (2023).

Aprima, Desy, dan Sasmita Sari. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13 (1), no. 1 (2022).

Fiddina. “Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Taruna Dra Zulaeha Leces Probolinggo.” pendidikan agama islam 6, no. 1 (2023).

Firmansyah, Iman, Mokh. “Pendidikan Agama Islam: Pengertian, Tujuan, Dasar Dan Fungsi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 2 (2019).

Fuadi, Alvin. “Implementasi Proses Pembelajaran Pada Kurikulum Cambridge Di SD Islam Bayanul Azhar Tulungagung. 2018.

Khoirurrijal, dkk. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Kurniati, Pat, Andjela Lenora Kelmaskouw, Ahmad Deing, Bonin Bonin, dan Bambang Agus Haryanto. “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21.” Jurnal Citizenship Virtues 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1516.

Madhakomala, Layli Aisyah, Fathiyah Nur Rizqiqa Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, dan Sidiq Nulhaq. “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire.” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (2022). https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819.

Maladerita, Wiwik, Vini Wella Septiana, Nurhizrah Gistituati, dan Alwen Betri. “Peran Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1507.

Mubarok, Ramdanil. “Peran Dan Fungsi Kurikulum Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural.” Jurnal Studi Islam Lintas Negara 3, no. 2 (2021).

Ningrum, Mardhiyati, Maghfiroh, dan Rima Andriani. “Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah.” eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education 5, no. 1 (2023). https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513.

Putri, Arum Ekasari. “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4, no. 2 (2019). https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.890.

Rahmadayanti, Dewi, dan Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Susetyo, Susetyo. “Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra 1, no. 1 (2020).

Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, dan Ari Wahyu Leksono. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718.

Widodo, Hendro. Pengembangan Kurikulum PAI. Disunting oleh Fadhlurrahman. Pertama. Yogyakarta: UAD PRESS, 2023.

Wiguna, I Komang Wahyu, dan Made Adi Nugraha Tristaningrat. “Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i1.2544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.