Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah - Sekolah Penggerak

Intan Pertiwi, Leni Marlina, Ketang Wiyono

Abstract


Penelitian ini merupakan kajian literatur tentang penerapan kurikulum merdeka pada sekolah  penggerak. Survei bertujuan untuk mengumpulkan semua informasi yang menyangkut upaya dan  tantangan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak. Penelitian ini  menggunakan analisis kualitatif terhadap sumber literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan  bagaimana implementasi dari kurikulum merdeka di sekolah penggerak telah dilakukan melalui program  dan kegiatan yang mendukung pendidikan merdeka belajar. Sekolah penggerak berperan penting sebagai  motor penggerak dalam mengadopsi dan melaksanakan kurikulum merdeka. Begitu pula guru penggerak  memiliki peran tak kalah penting dalam pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka belajar. Namun,  tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman dan keterlibatan semua stakeholder dalam  konsep kurikulum merdeka, serta kebijakan yang belum mendukung secara menyeluruh menjadi  hambatan tersendiri dalam setiap pelaksanaan kegiatan mengimplementasikan kurikulum merdeka  belajar di sekolah-sekolah penggerak. Untuk menghadapi semua tantangan dan hambatan yang ada  diperlukan upaya intensif dalam mengedukasi stakeholders dan dukungan pemerintah yang lebih kuat  untuk meningkatkan implementasi kurikulum merdeka pada sekolah penggerak.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak, Stakeholder

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Ariyana, Nori Anggraini, dan Lusi Apriliani. “Strategi Penerapan Model Pembelajaran Guru Penggerak Merdeka Belajar dalam Memotivasi Siswa Menjadi AKBIF (Aktif, Kreatif, Berpikir Kritis & Kolaboratif).” Seminar Nasional SAGA#4 (Sastra, Pedagogik, dan Bahasa) 4, no. 1 (24 Oktober 2022). http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/saga/article/view/9658.

Dewi, Radeni Sukma Indra, dan Mudrikah Mudrikah. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang.” Jurnal Simki Pedagogia 6, no. 2 (4 Mei 2023). https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.327.

Fauzi, Achmad. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak : (Studi Kasus pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar).” Pahlawan : Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya 18, no. 2 (31 Oktober 2022). https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480.

Hamdi, Mohamad Mustafid. “Konsep Pengembangan Kurikulum.” Intizam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (2017).

Iskandar, Sofyan, Primanita Sholihah Rosmana, Anis Khoirunnisa, Bening Cipta Alam, Khaila Syanin, dan Nur Fitri Halimah. “Implementasi Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 1 Munjul Jaya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (3 Juni 2023). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6716.

Jannati, Putri, Faisal Arief Ramadhan, dan Muhamad Agung Rohimawan. “Peran Guru Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (6 Februari 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, dan Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Madhakomala, Layli Aisyah, Fathiyah Nur Rizqiqa Rizqiqa, Fransiska Desiana Putri, dan Sidiq Nulhaq. “Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire.” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan 8, no. 2 (30 Juli 2022): 162–72. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819.

Nugraha, Tono Supriatna. “Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran.” Inovasi Kurikulum 19, no. 2 (1 Agustus 2022). https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta, Ni Ketut Suarni, dan I. Ketut Suar Adnyana. “Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas.” Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 02 (31 Agustus 2022): 238–44. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386.

Purba, Mariati, dan Nina Purnamasari. “Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar.” Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen, 2021.

Rahmawati, Hanny, Sofyan Iskandar, Primanita Rosmana, Amalia Putri Nabilah, Anita Rahmawati, Pani Herlina, dan Nuria Agustiani. “Peran Guru Penggerak Terhadap Penerapan Pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.779.

Soetopo, Hendyat, dan Wasty Soemanto. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Sulthon, Sulthon. “Dinamika Pengembangan Kurikulum Ditinjau dari Dimensi Politisasi Pendidikan Dan Ekonomi.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 1 (26 Maret 2014). https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.763.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini Prihantini. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2 Juli 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Zed, Mestika. Metode Penellitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.