Pemanfaatan Media Komik Tematik Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di MIS Bawari Pontianak

Dede Intan Purtuna, Syarifah Asmiati, Vidya Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar peserta didik kelas III Bawari dalam proses pembelajaran.  Maka dari itu, peneliti menggunakan media komik sebagai sarana untuk menguji minat belajar peserta didik. Berdasarkan dengan masalah tersebut, peneliti menawarkan penyelesaian masalah penelitian dengan judul yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Minat Belajar Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 6 Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan bentuk rancangan penelitian one group pretest-posttest. Dalam penelitian ini terdapat satu  kelompok saja sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Alat pengumpulan data menggunakan  lembar angket, lembar observasi dan dokumentasi dan analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media komik oleh guru dalam  pembelajaran tema 7 subtema 4 pembelajaran 6 terhadap minat belajar di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta Bawari Pontianak disesuaikan dengan prosedur pelaksanaan dengan persentase 100% dengan kategori sangat baik, 2) Minat belajar peserta didik pada  posttest  diperoleh nilai rata-rata sebesar 91 lebih tinggi dibandingkan pada saat pretest dengan rata-rata sebesar 69. Data tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara minat belajar setelah diberikan perlakuan menggunakan media komik dengan sebelum diberikan perlakuan, 3) Terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar data menunjukkan dari bahwa Hₐ diterima dan H₀ ditolak, 4) Besarnya pengaruh penggunaan media komik terhadap minat belajar dapat dilihat dari uji N-gain dengan nilai sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.


Keywords


Media Komik, Minat Belajar, Tematik

Full Text:

PDF

References


Anung, Al-Hamat. Tarbiyah Jihadiyah Imam Bukhari. Jakarta: Ummul Qura: Jakarta: Ummul Qura, 2016.

Aziza, Nur, and Laili Rosita. “Belajar Geografi dengan Media Komik Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Geografi Siswa.” JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi dan Pembelajaran Geografi 5, no. 2 (August 22, 2020): 19. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v5i2.4420.

Guntur, Mochamad, Arif Muchyidin, and Widodo Winarso. “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa.” Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching 6, no. 1 (July 28, 2017): 43. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1667.

Kaleka, Melkyanus Bili Umbu, Simon Petrus, and Daniel Wolo. “Penggunaan Media Komik pada Materi Gerak Lurus untuk Mengetahui Minat Belajar Fisika Siswa.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 3 (May 22, 2022): 4550–56. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2765.

Meilana, Septi Fitri, and Rere Aprilianti. “Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Keterampilan Bercerita Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Jaticempaka VI Bekasi.” Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 7, no. 1 (February 4, 2022): 350. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i1.1788.

Prastowo, Nyenyep Dwi, and Andy Suryadi. “Pengaruh Penggunaan Media Komik Sejarah Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cepogo Tahun Pelajaran 2018/2019 Pokok Bahasan Kerajaan Singhasari.” Indonesian Journal of History Education 7, no. 1 (2019): 33–39.

Setyaningrum, Vidya. “Perubahan Konseptual Siswa SMP pada Materi Suhu dan Kalor Melalui Teks Perubahan Konseptual Berbasis Kartun Konsep.” Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

Siagian, Mutiara, Dwi Aninditya Siregar, and Viina Maldinasari Pane. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komik Terhadap Hasil Kognitif Anak SMA Materi Alat Optik.” Jurnal PhysEdu 3, no. 3 (2021).

Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bandung: CV Alfabeta, 2022.

Suparman, Ira Wulandari, Marlina Eliyanti, and Eli Hermawati. “Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 7, no. 1 (May 31, 2020): 57–64.

Sutrisno. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press, 2020.

Syahputra, Edy. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing, 2020.

Willya, Aditya Rizki, Annisa Lufiyyah, Putriani Chrismes Simbolon, and Arita Marini. “Peran Media Pembelajaran Komik Digital untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar.” JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora 2, no. 3 (January 27, 2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.