Pengembangan Media Flipbook Digital Berbasis Literasi Sains Materi Mengubah Bentuk Energi pada Siswa Kelas IV SDN 02 Pandean

Mastura Yulianti, Raras Setyo Retno, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research Aand Development). Subjek penelitian ini adalah siswa SDN 02 Pandean dengan jumlah 22 siswa. Peneliti mengambil judul penelitian ini karena pada kenyataan di lapangan, siswa hanya belajar dengan menggunakan media pembelajaran yang membosankan, oleh karena itu peneliti mengembangan media pembelajaran digital untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengembangan media flipbook digital berbasis literasi sains materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean, 2) mengetahui kelayakan media flipbook digital berbasis literasi sains materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean, 3) mengetahui respon siswa terhadap media flipbook digital berbasis literasi sains materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean. pengumpulan data menggunakan angket angket validasi ahli isi/materi, angket ahli media, angket ahli Bahasa, angket respon siswa, dan angket respon guru kelas, serta dokumentasi pendukung dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil validasi menunjukan ahli media 91%, ahli materi 84%, ahli bahasa 88% yang dikategorikan sangat layak. Hasil angket respon siswa 93% dapat dikategorikan sangat layak. Hasil angket respon guru 90%. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan pengembangakan media flipbook digital berbasis literasi sains materi mengubah bentuk energi pada siswa kelas IV SDN 02 Pandean sangat layak digunakan di pembelajaran sekolah dasar.


Keywords


Pengembangan, Flipbook Digital, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, Johar. “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Kontekstual 4, no. 02 (16 Maret 2023).

Amaliah, Nur, Marwah Marwah, Ariandi Ariandi, dan Masyitha Wahid. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Search, Solve, Create And Share (SSCS) Materi Sistem Pernapasan Siswa Kelas XI MIA I MAN 1 Majene.” JURNAL BIOEDUKASI 6, no. 1 (10 Juni 2023).

Ayub, Syahrial, Joni Rokhmat, Agus Ramdani, dan Aliefman Hakim. “Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment (PISA) Tahun 2015.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 4b (20 Desember 2022).

Edi, Fandi Rosi Sarwo. Teori Wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio, 2016.

Martiasari, Erlian, dan Ani Rosidah. “Literasi Sains pada Buku Teks Tematik Terpadu Kurikulum 2013.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 3 (3 September 2021).

Partono, Partono, Hesti Nila Wardhani, Nuri Indah Setyowati, Annuriana Tsalitsa, dan Siti Nurrahayu Putri. “Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative).” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14, no. 1 (26 April 2021).

Purnomo, Puji, dan Maria Sekar Palupi. “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V.” Jurnal Penelitian 20, no. 2 (1 Desember 2016).

Sa’diyah, Kalimatus. “Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbookuntuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh di SMA.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (1 Juni 2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i3.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.