Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SDN 01 Taman

Ivayuni Listiani, Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain non equivalent control group design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian menggunakan pretest dan posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 54 siswa yang dibagi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan.hasil penelitian.yang.telah dilakukan peneliti dilapangan yakni di kelas VB SDN 01 Taman Madiun dengan model pembelajaran konvensional dan ceramah sebagai kelas kontrol dan kelas VA SDN 01 Taman Madiun menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK sebagai kelas eksperimen secara statistik menunjukkan bahwa nilai sig.(2 talled) kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05, sedangkan untuk kelas kontrol 0,005 < 0,05 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Jadi keputusan uji hipotesis pada penelitian ini dinyatakan “Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis TPACK terhadap Literasi Sains Siswa kelas V SDN 01 Taman”.


Keywords


Problem Based Learning, TPACK, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


Firmadani, Fifit. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2, no. 1 (2020).

Jamalulail, Qodri, dan Siti Rochmiyati. “Implementasi Pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD” 7 (2023).

Listya, Hetty, Muharram Muharram, dan Nuraeni Nuraeni. “Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Selakau.” Global Journal Teaching Professional 1, no. 4 (18 November 2022).

Marlina, Diyan. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Mahasiswa Pgsd Semester 1 Tahun Akademik.” JS (JURNAL SEKOLAH) 4, no. 1 (20 Desember 2019).

Nurhasanah, Ana, Reksa Adya Pribadi, dan Rizky Anggraeni. “Implementasi Perencanaan Pembelajaran Menggunakan Model Group Investigation Dengan Media Interaktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Kelas 2 SDIT Bait Adzkia Islamic School.” Jurnal Ilmiah Telaah 7, no. 1 (24 Januari 2022).

Priatna, Tedi. Disrupsi Pengembangan Sumber Daya Manusia Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. UIN Sunan Gunung Djati, 2019.

Sakila, Rohima, Nenni faridah Lubis, Saftina, Mutiara, dan Dedes Asriani. “Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-Hari.” Jurnal Adam : Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023).

Waruwu, Adiline. “Teroi Model Pembelajaran Inkuiri, Konstruktivisme Dan Number Head Together.” Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi) 2, no. 2 (10 Desember 2021).

Widianto, Edi. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2, no. 2 (2021).

Wijayanto, Bayu, Widia Sutriani, dan Farisha Luthfi. “Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21.” Jurnal Samudra Geografi 3, no. 2 (30 Juni 2020).

Yulistiana, Yulistiana, dan Agung Setyawan. “Analisis Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning SDN Banyuajuh 9.” Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro 1, no. 1 (8 Oktober 2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.