Pembelajaran IPA Berbasis Praktikum di MI Ngadirejo 1

Nurul Huda, Siti Fatonah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya kegiatan praktikum dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI Ngadirejo 1 dengan subjek penelitian guru IPA dan siswa kelas 4,5,6. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.  Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran IPA berbasis praktik di MI Ngadirejo 1 telah dilaksanakan mulai dari kelas 4 hingga kelas 6. Siswa merasa senang dengan adanya kegiatan praktikum yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Adapun kegiatan praktikum yang dilaksanakan di MI Ngadirejo 1 diantaranya adalah praktik membuat layang-layang, praktik materi pesawat sederhana, praktik mengenai makanan, magnet, disperse cahaya, mengenal ciri khas tumbuhan, membuat telepon gelas plastik dari kaleng bekas, praktik tentang telur atau mengenal hukum mengapung dan tenggelam, daur ulang kertas koran. Sedangkan kendala dalam kegiatan praktikum yang dialami oleh guru dan siswa yaitu terkendala dalam menyiapkan alat atau bahan penelitian serta alokasi waktu yang terbatas. Hasil temuan penelitian ini dapat memberikan temuan baru serta mendukung penelitian terdahulu terkait pentingnya praktikum dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.


Keywords


Pembelajaran IPA, Praktikum,Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Agustina, Maya, dan Havae Juliar Apko. “Kompetensi Guru: Metode Praktik dalam Pembelajaran IPA.” At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Kebudayaan Vol. 8 No. 1 (2021).

Andriana, Encep, Suci Ramadayanti, dan Tri Esti Noviayanti. “Pembelajaran IPA Di SD Pada Masa Covid 19.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 3 No. 1 (2020).

Arini, Ni Kadek Manis, dan Ni Wayan Sri Darmayanti. “Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Panduan Praktikum IPA.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) Vol. 5 No. 1 (2022).

Azizah, Puji Winarti, dan Nurul Kami Sani. “Pengembangan Modul Praktikum Serli (Discovery Learning ) Untuk Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.” Profesi Pendidikan Dasar Vol. 7 No. 1 (2020).

Chan, Faizal, dan Hendra Budiono. “Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol. 4 No. 2 (2019).

Darmayanti, N.W.S., Wisnu Budi Wijaya, dan Haifaturrahmah. “Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid - 19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah.” Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 4 No. 2 (2021).

Faurisiawati, Mieke, Supeno, dan Suparti. “Keterampilan Menulis Laporan Praktikum Siswa SD Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Project Based Leraning.” Edukatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 4 No. 4 (2022).

Febriyanti, Eka, dan Mayarni. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Berbantuan Media Flip Book Terhadap Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia Vol. 10 No. 4 (2022).

Irviana, Ira. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Bermakna Pada Murid Kelas IV SDN No 141 Pakka Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai.” AIJER: Algazali International Journal Of Education Research Vol. 3 No. 2 (2021).

Kelana, Jajang Bayu, dan Duhita Savira Wardani. Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Eduutrimedia Indonesia, 2021.

Kurniawan, Andri, Jimaristi Kolong, dan Mas’ud Muhamadiah. Filsafat Pendidikan. Sumatra Barat: PT Global Eksekutif Teknologi, 2022.

Lusidawaty, Vivi, Yanti Fitria, Yalvema Miaz, dan Ahmad Zikri. “Pembelajaran IPA Dengan Strategi Inkuiri Untuk Meningkakan Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol. 4 No. 1 (2020).

P1. Wawancara dengan Guru IPA, 6 Juli 2023.

P2. Wawancara dengan Siswa Kelas 4, 7 Juli 2023.

P3. Wawancara dengan Siswa Kelas 5, 7 Juli 2023.

P4. Wawancara dengan Siswa Kelas 6, 7 Juli 2023.

Setiadi, Hari. “Pelaksaanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol. 20 No. 2 (2016).

Suardipa, I Putu, dan Kadek Hengki Primayana. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Widyacarya Vol. 4 No. 2 (2020).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta, 2018.

Sulfiyah, dan Ujianti Cahyaningsih. “Pengaruh Penggunaan Metode Praktikum Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA “System Thinking Skill Dalam Upaya Transformasi Pembelajaran Di Era Society 5.0.,” 2021.

Tuljanah, Rahmia, dan Risda Amini. “Model Pembelajaran RADEC Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review.” Jurnal Basicedu Vol. 5 No. 6 (2021).

Widiyanto, I Putu, dan Endah Tri Wahyuni. “Implementasi Perencanaan Pembelajaran.” Satya Sastraharing Vol. 4 No. 2 (2020).

Winangun, I Made Ari. “Project Based Leraning: Strategi Pelaksanaan Praktikum IPA SD Di Masa Pandemi Covid-19.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 2 No. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.