Pengembangan E-Modul Berbasis Kemampuan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Devia Safitri, Prima Mutia Sari

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  yaitu untuk mengetahui  kelayakan  dan respon E-Modul  berbasis  literasi  sains menggunakan Book Creator yang   dikembangkan. Metode penelitian adalah metode pengembangan RnD dengan desain model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan,  implementasi  dan  evaluasi.  Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi sera lembar angket respon uji coba kelayakan kepada 1 orang guru dan 30 siswa kelas V SDN Cipinang Besar Selatan 08 Pagi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mengacu pada skala likert. Hasil validasi  ahli media  berdasarkan  uji  ahli  media mendapat skor 92,8% dan kategori yang didapatkan adalah  sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 96% dan  kategori  yang  didapat  sangat  layak.  Setelah  dilakukan  uji  coba pada respon peserta  didik memperoleh skor 92% dan kategori yang didapatkan adalah sangat baik serta hasil respon guru memperoleh skor 96% dengan kategori yang didapatkan sangat baik dan  juga  memberikan penilaian pada media pembelajaran yang dibuat.  Hasil yang didapatkan menunjukan jika E-Modul ini layak dan sangat baik untuk digunakan dalam  rangka  menumbuh  kembangkan  kemampuan  literasi  sains.peserta didik.

 


Keywords


Pengembangan, Literasi Sains, E-Modul

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A.N. Konsep Bahan Ajar Elektronik dan ciri/karakteristik Bahan Ajar Elektronik. 2010.

Diana, sinta diana, Selvie Sianipar, & Riodinar Harianja. Pelatihan Media Pembelajaran Book Creator kepada Guru-Guru PAUD Yabes Medan. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2 no.1 (2022).

Gormally, C., Peggy B., & Mary L., “Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS) :Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments”. CBE-Life Sciences Education. Vol. 11 (2012).

Gultepe, N., & Kilic, Z. Effect of scientific argumentation on the development of scientific process skills in the context of teaching chemistry. International Journal of Environmental and Science Education, 10 no.1 (2015).

Iswatun, M. Mosik, and BambangSobali, “Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII.” Dalam jurnal I novasi Pendidikan IPA 3 No.2 (2017).

Kusumaningrum, D. Literasi Lingkungan Dalam Kurikulum 2013 Dan Pembelajaran IPA Di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1 no.2 (2018).

Mulyatiningsih, E. Pengembangan Model Pembelajaran. 2016.

OECD. PISA 2015. Result in Focus. OECD Publishing. 2016.

Pupitasari, Verdiana. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Differensial Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam, Jurnal Education and Development, Vol. 8, No. 4 Nopember 2020, hal. 342

Setyosari, Punaji. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan. Jakarta: Kencana. 2015.

Sugianto, Dony dkk. Modul Virtual: “Multimedia Flipbook Teknik Dasar Digital”. Jurnal INVOTEC, Volume 11, No.2. (2013).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta. 2010.

Sulistyorini, Sri. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Semarang: Tiara Wacana. 2007.

Winarni, Endang Widi. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara. 2018.

Yulianti, Yuyu. Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala. 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i4.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.